Manfaat Minum Madu Setiap Hari yang Jarang Diketahui

Senin 11-12-2023,06:00 WIB
Reporter : Muhammad Ridho
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM - Madu dianggap sebagai salah satu pengobatan kuno paling andal yang menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat minum madu setiap hari dapat meningkatkan imunitas tubuh, menambah stamina, membantu meringankan gejala asma, hingga melancarkan pencernaan. Madu bahkan juga baik dikonsumsi sebagai pengganti gula putih, khususnya bagi penderita diabetes.

Perlu diketahui, pada dasarnya madu merupakan gula murni tanpa lemak. Nutrisi utama yang terkandung pada madu adalah karbohidrat yang berupa glukosa dan fruktosa. Selain itu, madu kaya akan senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolik. Madu juga menyediakan sejumlah kecil vitamin, mineral, dan asam amino.

BACA JUGA:Manfaat Madu untuk Kesehatan, Bisa Menyembuhkan Penyakit Apa Saja?

BACA JUGA:Manfaat Minum Air Jahe Campur Madu untuk Kesehatan Tubuh

Berikut manfaat minum madu setiap hari :

1. Menguatkan imunitas tubuh

Manfaat minum madu setiap hari dapat menguatkan imunitas tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit.

2. Menambah stamina tubuh

Madu merupakan sumber glukosa yang baik untuk meningkatkan energi. Satu sendok makan madu (20 gram) mengandung sekitar 17 gram karbohidrat atau gula alami berupa glukosa dan fruktosa. Karena kandungannya ini, konsumsi madu setiap hari dapat menambah energi dan stamina tubuh saat beraktivitas.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat minum madu setiap hari juga baik untuk kesehatan pencernaan. Manfaat ini didapat berkat kandungan enzim dan prebiotik di dalam madu yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus dan menyehatkan sistem pencernaan.

BACA JUGA:7 Manfaat Masker Alpukat, Rahasia Wajah Cantik Alami!

BACA JUGA:Manfaat Masker Susu untuk Kulit Wajah

4. Meredakan gejala asma

Kategori :