Jawa Timur Penghasil Perkebunan Terbesar

Kamis 16-11-2023,18:23 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Eko Yudiono

MALANG, MEMORANDUM-Produktivitas hasil pertanian sektor perkebunan di Jawa Timur, menjadi yang terbesar secara nasional. Kontribusi tertinggi, ada pada jenis pisang, kopi, jagung dan lannya. Untuk produksi jagung, diupayakan, untuk terus ditambah. Pasalnya,  kebutuhan di Jawa Timur akan jagung, sangat tingggi.

Hal itu disampaikan, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa, saat menghadiri Gebyar Pembangunan Perkebunan di Jawa Timur, dalam rangka peningkatan daya saing produk perkebunan  melalui kolaborasi dan hilirisasi komoditas di Hotel Mercure Kamis 16 November 2023.

"Hasil produksi pertanian, sub sektor perkebunan di Jawa Timur, menjadi yang tertinggi secara nasional. Namun demikian, tetap diperlukan hilirisasi dan kolaborasi," terang Gubernur Jawa Timur, saat Gebyar pembangunan perkebunan di Jawa Timur,

BACA JUGA:Ciptakan Ketertiban Polres Malang dan Satpol PP Lakukan Operasi

Namun demikian, lanjut Gubernur, untuk kebutuhan jagung, masih diperlukan Supply dari daerah lain. Pasalnya, para pemelihara hewan ternak, sangat membutuhkan jagung. Karena itu, diberikan sejumlah bantuan bibit untuk mendorong pemenuhan kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:Polsek Karangpilang Laksanakan Pengamanan FIFA World Cup U -17

" Hasil produksi lain yang juga diharapkan,  dari produk kakau, tebu, kopi dan tembakau adalah 4 besar. Diharapkan, terjadi kolaborasi dan hilirisasi,"  lanjutnya.

Dalam kesempatan itu,  juga diberikan bantuan  bibit perkebunan. Untuk terus mendorong produktivitas yang lebih maksimal. Bahkan.   diberikan juga sejumlah penghargaan kepada Pemerintah Daerah , UPT,  para gapoktan dan.lainnya. Karena  dinilai telah berhasil ddialam pengembangan perkebunan.  (edr)

Kategori :