Manfaat Air Hangat untuk Lambung, Terutama bagi Pengidap GERD

Jumat 13-10-2023,20:56 WIB
Reporter : Mg 6
Editor : Nadia Rizka

MEMORANDUM-Air hangat biasanya dijadikan andalan ketika Anda sedang flu dan batuk. Kadang juga diminum ketika udara sedang dingin karena hujan terus-menerus. Selain melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh, rupanya air hangat punya manfaat untuk sistem pencernaan, terutama lambung. Manfaat Air Hangat untuk Lambung, Terutama bagi Pengidap GERD.

Memang, apa manfaatnya? Bagi Anda yang memiliki masalah refluks asam lambung, informasi berikut ini akan sangat membantu.

Secara garis besar, minum air putih bermanfaat untuk mencukupi asupan cairan yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Tanpa air, tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan gagal berfungsi.

Sementara untuk sistem pencernaan, minum air selama atau setelah makan bisa membantu proses pencernaan.

BACA JUGA:Kenali 10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Pertama, air dan cairan lainnya membantu memecah makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan mudah. Kedua, air juga melunakkan feses sehingga feses lebih mudah melewati usus dan keluar dari tubuh.

Nah, ada juga manfaatnya untuk lambung, terutama jika Anda minum air hangat.

1. Meredakan gejala maag dan GERD

Ketika masuk ke tubuh air hangat dapat mengencerkan asam lambung.  Ya, asam lambung memang dibutuhkan tubuh untuk memecah, mencerna, dan menyerap zat gizi dalam makanan.

Air hangat bahkan bisa membunuh bakteri atau virus berbahaya yang ada di lambung sehingga tubuh terlindungi dari infeksi.

Sayangnya, jumlah asam lambung juga bisa lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Kondisi asam lambung naik ini bisa menimbulkan gejala maag pada orang yang mengidap gastritis.

Juga bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan pada pengidap GERD (gastroesophageal reflux disease) atau lebih dikenal dengan refluks asam lambung.

Pada pengidap maag, gejala yang ditimbulkan biasanya berupa mual, muntah, perut kembung, dan perut terasa perih.

Sementara itu, pengidap GERD cenderung mengalami perut kembung, sensasi panas di dada (heartburn), sendawa, mulut pahit, dan susah menelan. Nah, semua gejala tersebut bisa diredakan dengan minum air hangat.

2. Mencegah kambuhnya gejala maag dan GERD

Kategori :