Awas Ketagihan, ini 6 Es Tradisional Indonesia yang Menyegarkan!

Jumat 29-09-2023,08:00 WIB
Reporter : mg4
Editor : Aguss

SURABAYA, MEMORANDUM -  Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang beragam, termasuk es tradisional.

Es tradisional Indonesia memiliki cita rasa yang unik dan menyegarkan. Es tradisional Indonesia biasanya terbuat dari bahan-bahan segar, seperti buah-buahan, santan, dan gula.

Ini dia beberapa es tradisional Indonesia menyegarkan yang bisa membuatmu ketagihan:

1. Es cendol
Es tradisional yang satu ini terbuat dari tepung beras yang direbus dan dibentuk menjadi butiran-butiran kecil. Kemudian cendol disiram dengan kuah santan, sirup gula aren, dan ditambahkan es batu agar lebih segar.

2. Es dawet
Sekilas hampir sama, es dawet dan es cendol sebenernya adalah es yang berbeda. Es dawet terbuat dari tepung beras yang direbus dan dibentuk menjadi butiran-butiran kecil dan runcing.

Selain itu, yang membedakan es cendol dengan es dawet adalah dawet biasanya disajikan dengan santan, gula merah, dan potongan nangka.

3. Es doger
Es doger merupakan salah satu es menyegarkan yang memiliki isian berlimpah. Es doger terbuat dari tepung beras, santan, gula merah, dan berbagai macam topping, seperti tape ketan hitam, kacang merah, dan mutiara.

Minuman ini berasal dari Cirebon, Jawa Barat.

4. Es Campur
Es campur menjadi es yang mudah ditemukan dan banyak disukai hingga saat ini. Es campur terbuat dari berbagai macam bahan, seperti cincau, mutiara, agar-agar, kolang-kaling, dan buah-buahan. Es campur biasanya disajikan dengan sirup atau gula merah.

5. Es pisang ijo
Es pisang ijo adalah minuman khas yang berasal dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Es pisang ijo terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau (ijo).

Es pisang ijo biasanya disajikan dengan kuah santan dan sirup. Untuk pelengkap, biasanya ditambahkan pula ketan hitam atau bubur sumsum dan sagu mutiara berwarna merah muda.

6. Es serut
Es tradisional satu ini terbuat dari es batu yang diserut. Yang membuatnya menarik adalah penampilan es serut yang memiliki banyak warna karena disiram sirup berbagai rasa. Untuk menambah kesegaran, es serut biasanya juga disiram dengan susu kental manis. (*)

Kategori :