Uang Kalian Sering Hilang? Bisa Jadi Diambil Tuyul! 5 Fakta Tentang Tuyul

Sabtu 09-09-2023,00:01 WIB
Editor : Aguss

Surabaya, memorandum - Tuyul digambarkan sebagai makhluk gaib berwujud anak-anak, banyak yang bilang tubuhnya berbulu dan agak berlendir dengan gigi yang runcing.

Makhluk ini sering dikaitkan dengan pesugihan, banyak orang percaya bahwa uang mereka yang hilang merupakan ulah dari tuyul. Selain itu tuyul masih memiliki beberapa fakta lain, berikut ulasannya.

1. Cara tuyul mencuri
Banyak mitos beredar mempercayai, jika uang atau perhiasan yang kamu simpan tiba-tiba hilang  terus-menerus secara misterius bisa jadi itu adalah perbuatan tuyul.
Caranya mencurinya tuyul hanya mengambil sebagian, misal ada Rp. 100.000 tuyul hanya mengambil Rp. 50.000.

2. Perilaku tuyul sama dengan anak-anak pada umumnya
Tuyul dipercaya sebagai perwujudan bayi yang gagal lahir atau hasil aborsi, beberapa orang yang melihat meyakini sikapnya tidak jauh berbeda dengan anak-anak seperti suka berlari, memanjat, bahkan melakukan keisengan seperti menampakkan diri kepada manusia.

3. Jarum dan Yuyu sebagai penangkal tuyul
Mitosnya jarum dan yuyu bisa menangkal aktivitas tuyul. Disarankan agar menaruh beberapa jarum di bawah tumpukan uang yang disimpan, karena dipercaya tuyul takut dengan jarum. Sedangkan, yuyu atau sejenis kepiting kecil diyakini disukai oleh tuyul, akibatnya dia tidak fokus saat melakukan aktivitas mencuri, sarannya agar yuyu ditelakkan di sudut-sudut bagian rumah.

4. Tuyul meminta tumbal darah dari anggota wanita di keluarga
Menurut mitos di Jawa sebagai ganjaran untuk tuyul yang sudah menghasilkan kekayaan secara instan, sang majikan perempuan harus rela untuk menyusui tuyul tersebut, konon yang diminum tuyul adalah darah dari tubuh majikan.

5. Banyak versi penyebutan tuyul di luar negeri
Versi makhluk halus kecil ini ternyata bukan hanya ada di Indonesia, namanya bervariasi mulai dari Kwee Kia dalam bahasa Hokkien, Koman-tong (berjenis laki-laki) dan Koman-lay (berjenis perempuan) di Thailand, Tiyanak di Filipina hingga Cohen Kroh di Kamboja.

Nah, itulah fakta seputar tuyul. Jangan pernah coba-coba pesugihan, lebih baik kerja meskipun gaji sedikit asalkan halal dari pada melakukan pesugihan dan bersekutu dengan setan. (mg2/gus)

Tags : #tuyul
Kategori :