Jelang Indonesia vs Turkmenistan, Tak Ada Kendala Walupun Tanpa Coach STY

Kamis 07-09-2023,08:49 WIB
Editor : Aguss

Surabaya, memorandum - Timnas Indonesia terus melakukan persiapan jelang menghadapi Turkmenistan pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (8/9).

Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri berbicara soal persiapan tim jelang melawan Turkmenistan. Meskipun tanpa kehadiran Shin Tae Yong dalam latihan, Egy mengatakan bukanlah sebuah kendala bagi dirinya dan para pemain lain.

"Harusnya tidak ada kendala, karena walaupun coach Shin tidak ada, tapi kan ada asistennya yang mereka punya satu tujuan," kata Egy usai latihan di Lapangan Thor, Rabu (6/9/2023) malam.

Shin Tae Yong sempat hadir pada latihan perdana Timnas Indonesia senior pada Senin (4/9). Namun pada Selasa (5/9) STY harus memimpin latihan Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Solo. Dia pun mengutus Choi In Cheol untuk memimpin latihan timnas senior di Surabaya.

Kendati demikian, ia dan para pemain tak mengalami masalah berarti. Mereka sudah beradaptasi dan bisa menjalankan instruksi pelatih dengan baik.

"Jadi semua di sini sudah tahu bagaimana apa yang dimau coach Shin, dan juga apa yang dimau coach Choi, jadi menurut saya semua pemain adaptasi dengan itu dan bisa menjalankannya dengan baik," ucap Egy.

Di sesi latihan hari ini, dia bersama para pemain telah mempelajari dan mempertajam strategi yang disiapkan. Mulai dari taktik transisi negatif hingga positif.

"Menu latihan hari ini mulai dari pagi itu sudah kami masukin taktik servis, transisi negatif, positif, dan beberapa taktik yang akan kami buat di pertandingan nanti. Semua sudah dilatih coach kami, dan tinggal gimana kami menjalankannya nanti," ujar Egy.

Egy menyebut para pemain juga telah dipertontonkan tayangan video untuk mempelajari permainan lawan. Hal itu, berguna untuk mengantisipasi dan membaca taktik Turkmenistan.

"Kami sudah dikasih video lawan kami nanti, beberapa pemain pasti sudah menonton bagaimana mainnya mereka dan mungkin nanti ada video meeting juga untuk lebih di lihat lagi secara detail bagaimana pemain lawan," katanya.

Selama tiga hari ini, Egy mengatakan, pihaknya juga terus mengasah permainan berdasarkan instruksi pelatih. Dan nantinya, akan dimatangkan lagi oleh Shin Tae Yong saat tiba di Surabaya.

"Mungkin itu nanti waktu coach Shin datang, dia lihat video latihan kami, baru melaksanakan video meeting, dan ada kekurangan yang akan kami lakukan dikasih tahu pada saat itu. Jadi saat ini fokus ke tim kami sendiri bagaimana kami akan jalankan apa yang yang diinginkan pelatih," kata Egy. (rid/gus)

Kategori :