Pilihan Doa Sujud Terakhir dalam Salat, Lengkap beserta Arab, Latin dan Terjemahnya

Jumat 07-07-2023,06:36 WIB
Reporter : M Ridho
Editor : M Ridho

Surabaya, memorandum.co.id - Doa merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah SWT selalu mendengarkan doa hambanya. Perlu diketahui tidak semua doa dan harapan, Allah SWT kabulkan sesuai dengan keinginan hambanya. Jika doa tidak terkabul saat itu juga, Allah SWT telah menyiapkan waktu terbaik untuk mengabulkannya, atau menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik. Salah satu waktu mustajab untuk memanjatkan doa bisa dilakukan saat sujud dalam salat. Pada saat itu, posisi terdekat antara manusia dengan Allah SWT. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW, أَقْرَبُ مَا يَكُونُ العَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ ، فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ Artinya: "Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu," (HR Muslim). Berikut ini merupakan salah satu doa yang bisa diminta saat sujud terakhir dalam salat :

  • Diwafatkan Husnul khatimah
اللهم إني أسألك حسن الخاتمة Allahumma inni as’aluka husnal khotimah. Artinya: Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnulkhatimah.
  • Diberikan kesempatan tobat sebelum wafat
اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut. Artinya: Ya Allah berilah aku rezeki tobat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat.
  • Doa meminta ketetapan dalam Islam
اَللَّهُمَّ يِاَ مُقَلِّبَ الْقُلُوْبْ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika Artinya: Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu. (*/Rdh)  
Tags :
Kategori :

Terkait