Bacaan Lengkap Doa Naik Kendaraan Udara, Darat, dan Laut Disertai Arab Latin Beserta Artinya

Rabu 10-05-2023,08:52 WIB
Reporter : M Ridho
Editor : M Ridho

Surabaya, Memorandum.co.id - Seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa setiap hendak menaiki kendaraan, baik kendaraan darat, laut maupun udara. Doa yang terucap adalah permohonan perlindungan serta kepasrahan seorang manusia kepada Allah SWT selama dalam perjalanan. Membaca doa saat naik kendaraan adalah upaya kaum Muslim untuk memohon perlindungan kepada Allah Swt. Karena tidak menutup kemungkinan bahaya dan godaan setan mengintai selama dalam perjalanan. Berikut adalah Doa naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara :

  • Doa Naik Kendaraan Darat
سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ Subhaanalladzi sakhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbina lamunqolibuun. Artinya: “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”
  • Doa Naik Kendaraan Udara
Bepergian dengan pesawat sebagai jalur udara bacaan doanya pun sedikit berbeda. Bacaan doa naik kendaraan pesawat yang bisa diamalkan berbunyi sebagai berikut. اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”
  • Doa Naik Kapal Laut
بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ Bacaan latin: Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (HR Imam Nawawi). Tidak hanya membaca doa bepergian, Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk memperbanyak doa dan dzikir selama perjalanan. Dikutip dari Buku Pintar Beribadah dalam Perjalanan oleh Mahima Diahloka, Rasulullah membaca tasbih saat berada di dataran rendah dan membaca takbir kala berada di dataran tinggi. (*/Rdh)
Tags :
Kategori :

Terkait