Lagi Diperbaiki, KM Samudra Anugrah Terbakar

Rabu 19-04-2023,18:53 WIB
Reporter : Syaifuddin
Editor : Syaifuddin

KM Samudra Anugrah yang terbakar sedang dilakukan pemadaman oleh kapal pemadam.

Surabaya, memorandum.co.id -  Kebakaran menimpa kapal motor (KM) Samudra Anugrah, di perairan Surabaya, Rabu (19/4/2023). Kapal motor itu terbakar saat perbaikan di PT DOK.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 05.00. Akhirnya api berhasil dipadamkan.

Kasubdit Polairud Polda Jatim, AKBP Budi Sulistyo, untuk memadamkan kapal motor tersebut sempat mengalami kesulitan. Sebab, terjadi di tengah perairan.

"Ada  delapan unit  mobil pemadam kebakaran telah berada di lokasi. Karena posisi kebakaran berada di tengah perairan, menyebabkan mobil damkar kesulitan untuk melakukan pemadaman lewat jalur darat," jelas dia.

Untuk itu pemadaman menggunakan kapal pemadam.  Ada dua kapal pemadam yakni KT Jayanegara 303 dan 306  membantu proses pemadaman dan evakuasi.

Peristiwa tersebut tidak mengganggu arus kapal lain. Sebab, lokasi terpisah dengan pelabuhan penumpang.

"Kejadian itu  tidak mengganggu kegiatan arus mudik di pelabuhan. Dan api bisa dipadamkan," tegas dia.

Sedangkan Yuniarsono Kepala Kesyahbandaran Tanjung Perak Surabaya  membenarkan ada kapal yang terbakar.

Kapal tersebut sedang diperbaiki sejak dua minggu lalu. Posisi kapal, dikatakan Yuniarsono, berada di galangan khusus untuk perbaikan, sehingga tidak menggangu penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, api diduga berasal dari ruang mesin.

"Awal mula yang terbakar dari ruang mesin merambat ke main deck, dek dua dan anjungan kapal," kata Dedik Irianto, seperti dilansir dari Antara.

Saat kebakaran terdapat 13 Anak Buah Kapal (ABK) di kapal tersebut. Petugas memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu. (*/udi)

Tags :
Kategori :

Terkait