Tentara Ajarkan Navigasi Darat Pada Saka Wira Kartika

Senin 04-11-2019,11:30 WIB
Reporter : Syaifuddin
Editor : Syaifuddin

Magetan, Memorandum.co.id. - Bati Wanwil Koramil 0804/01 Magetan Serka Dwi Herbiyanto mengajarkan materi navigasi darat kepada anggota Saka Wira Kartika di halaman Koramil 0804/01 Magetan, Minggu (03/11).

Hampir setiap Minggu anggota Saka Wira Kartika selalu hadir di Koramil Kota Magetan untuk menimba ilmu sebagai bekal untuk melaksanakan latihan ataupun kemah, jelas Serka Dwi.

 "Kami mengajarkan latihan baris berbaris, juga mengajarkan materi  Navigasi Darat tentang menggunakan kompas prisma," kata dia.

Kompas prisma adalah kompas yang dilengkapi dengan prisma dan minyak bening dimana lingkaran berputar di dalam minyak bening. Dengan pertolongan prisma dapat membaca kompas sambil membidik pada suatu sasaran. Sedangkan minyak bening untuk menghaluskan gerakan lingkaran kompas, juga berfungsi mempercepat berhentinya lingkaran kompas. "Adapun kegunaan kompas tersebut untuk mengetahui arah utara sebenarnya," katanya.

Diajarkannya materi tersebut, para anggota Saka Wira Kartika sangat berteima kasih kepada Koramil Kota Magetan yang telah melatihnya, pungkas Serka Dwi. (alv/mt/pen/udi)

Tags :
Kategori :

Terkait