Tertib Arsip Lamongan Alami Peningkatan di Tahun 2021

Kamis 02-12-2021,15:23 WIB
Reporter : Aziz Manna Memorandum
Editor : Aziz Manna Memorandum

Lamongan, memorandum.co.id - Sempat menjadi peringkat ke-35 dari 38 kabupaten di Provinsi Jawa Timur terkait ketertiban arsip, Kabupaten Lamongan kemudian berbenah hingga di tahun 2021 ini melaju menduduki peringkat ketiga di Jawa Timur. Menurut Bupati Yes ini merupakan peningkatan yang cukup pesat dan patut diapresiasi. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Awarding Audit Kersipan Internal di Aula Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Kamis (2/12).
“Apresiasi setinggi-tingginya untuk capaian prestasi OPD Lamongan baik di tingkat regional maupun nasional, tentu ini menjadi motivasi dan semangat bagi kita semua. Saya berkeinginan ketika kita memperoleh penghargaan-penghargaan, maka yang kita harus lakukan adalah kinerja dan output yang memang sesuai dan pantas. Bahwa penghargaan ini memang benar dan layak kita peroleh,” kata Bupati Yes.
Beliau juga mengajak seluruh OPD dan Camat di Kabupaten lamongan untuk memiliki sense untuk berprestasi dan berkinerja sebaik mungkin, sehingga slogan dan cita-cita Lamongan untuk mencapai kejayaan dapat terwujud.
Menurut Pak Yes, tertib arsip juga perlu terus ditingkatkan karena dengan pengelolaan arsip yang benar, perlindungan kepentingan negara dan hak keperdataan rakyat, keselamatan dan keamanan aset negara dapat terjaga. Selain itu juga, arsip yang dikelola dengan baik juga akan mampu berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik.
“Dilakukannya awarding kearsipan internal di Kabupaten Lamongan ini tentu harapannya nantinya akan memiliki dampak yang besar, sehingga Lamongan ini memiliki ketersediaan arsip yang terpercaya, yang otentik, dan handal. Dengan demikian kepentingan negara, hak keperdataan rakyat, keselamatan dan keamanan aset daerah ini dapat tersimpan dan terjaga dengan baik,” pungkas Pak Yes.
Diungkapkan Kepala Dinas Kearsipan Lamongan, Gunadi, bahwa dari audit yang dilakukan pada 68 OPD di Kabupaten Lamongan ini ditemukan peningkatan tertib arsip dari tahun 2020 sampai 2021. “Di tahun 2021 ini tertib arsip OPD mengalami kenaikan jika sebelumnya di tahun 2020 tak satupun OPD berkategori baik di tahun 2021 menjadi sebanyak 31,7% sedangkan untuk kategori cukup yang sebelumnya 12,19% menjadi 43,9% di tahun 2021,” ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Yes juga memberikan penghargaan kepada 3 OPD dan 3 kecamatan terbaik dalam audit kearsipan internal Lamongan. Tiga OPD yang memperoleh penghargaan yakni Sekretariat DPRD Lamongan, Dinas Perpustakaan Daerah, dan Dinas Pemuda dan Olahraga. Selain itu, tiga kecamatan yang berhasil memperoleh awarding audit kearsipan internal yakni Kecamatan Lamongan, Ngimbang, dan Karanggeneng.(*)
Tags :
Kategori :

Terkait