Bupati Lumajang: Vaksinasi Covid-19 Dijadwalkan Februari

Rabu 13-01-2021,19:09 WIB
Reporter : Syaifuddin
Editor : Syaifuddin

Lumajang, memorandum.co.id - Bupati H Thoriqul Haq menggelar jumpa pers terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lumajang di Kantor Pemkab Lumajang, Rabu (13/1).

Hadir Kapolres Lumajang, Dandim 0821 Lumajang,Ketua DPRD Kabupaten Lumajang,  Kepala Dinas kesehatan, Kepala RSUD, PD Muhammadiyah, PCNU, MUI serta beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Kami jajaran forkopimda Lumajang dan organisasi keagamaan sudah melaksanakan rapat koordinasi terkait persiapan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lumajang," ujar bupati yang disapa Cak Thoriq.

Pelaksanaan vaksinasi nantinya akan diawali dengan pemetaan wilayah yang merupakan prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi.

Ia menyampaikan saat ini Kabupaten Lumajang belum menerima vaksin karena vaksin masih berada di Provinsi Jatim dan menunggu pelaksanaan pemberian vaksin  untuk daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

"Untuk Kabupaten Lumajang, dijadwalkan pelaksanaan vaksinasi pada Februari dan dilakukan secara bertahap. Untuk prioritas awal adalah tenaga kesehatan," jelasnya.

Cak Thoriq menyampaikan bahwa,  Kabupaten Lumajang pada tahap awal mendapatkan jatah vaksin sejumlah 3660 dosis. Ini tidak sebanding jumlah nakes yang diperkirakan sebanyak 4500 Nakes

Terkait hal tersebut, Cak Thoriq menjelaskan bahwa hanya nakes yang sudah melalui proses verifikasi saja yang berhak divaksin. Ada beberapa pertimbangan terkait persyaratan dan mekanisme pemberian vaksin yang sudah ditentukan.

“Faktor umur,   ada penyakit penyerta,  apakah sedang hami atau tidak,  pernah terkonfirmasi positif atau tidak,  itu semua bisa menjadi persyaratan  sebelum pemberian vaksin,” jelasnya

Sementara itu terkait mekanisme vaksinasi secara masif akan dilakukan di puskesmas puskesmas. Pihaknya menyediakan beberapa  infrastrukstur vaksinasi  berupa kendaraan cold box yang nantinya akan digunakan berkeliling ke bebarapa lokasi yang diperlukan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Lumajang H. Anang Saifudin menyampaikan, bahwa dirinya bersedia di vaksin pertama kali sebagai perwakilan dari jajaran forkopimda Lumajang.

"Saya sudah siap lahir batin sebagai orang pertama di jajaran forkopimda yang akan disuntik vaksin", Pungkas Anang. (ani/udi)

Tags :
Kategori :

Terkait