Demi Kepuasan Masyarakat, Imigrasi Surabaya Geber Layanan Akhir Pekan hingga 28 Autogate Canggih di Juanda

Rabu 03-12-2025,13:19 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Fatkhul Aziz

Berlokasi di lantai 4 Ciputra World Mall, layanan ini menawarkan pengalaman eksklusif yang berbeda dari kantor konvensional.

"Ini adalah pendekatan strategis kami. Banyak masyarakat yang sulit mendapatkan cuti kerja. Oleh karena itu, Immigration Lounge kami buka setiap hari. Senin sampai Jumat dari jam 10.00 hingga 18.00, dan khusus Sabtu-Minggu kami buka jam 10.00 hingga 16.00," jelas Arya.

Keunggulan utamanya bukan hanya pada waktu operasional, tetapi juga kecepatan dan kenyamanan. Dengan desain interior premium yang nyaman, proses pengurusan paspor diklaim sangat kilat.

BACA JUGA:Imigrasi Surabaya Raih Juara Umum Anugerah Humas 2025 di Bandung

"Tujuannya memberikan fasilitas lebih. Di sini pengurusan paspor sangat cepat, kurang lebih hanya memakan waktu 10 sampai 15 menit selesai," ungkap Arya.

Selain di Ciputra World, Imigrasi Surabaya juga telah menyebar Unit Layanan Paspor (ULP) di berbagai titik strategis seperti BG Junction, Wiyung, Bendul Merisi, hingga Mal Pelayanan Publik Sidoarjo.

Di sektor perlintasan internasional, Dani Hidayat Lubis selaku Kasi Pemeriksaan I Bandara Juanda, memaparkan modernisasi yang telah diterapkan di Bandara Internasional Juanda. 

BACA JUGA:Imigrasi Surabaya dan Pemkab Sidoarjo Gelar Eazy Paspor untuk Permudah Layanan Masyarakat

Kini, penumpang tidak perlu lagi mengantre panjang untuk cap paspor manual berkat kehadiran Autogate.

"Saat ini Bandara Juanda sudah memiliki total 28 Autogate. Rinciannya, 18 unit di area kedatangan dan 10 unit di area keberangkatan," papar Dani sapaan akrabnya. 

Teknologi ini memungkinkan pemeriksaan keimigrasian berjalan secara otomatis melalui pemindaian paspor dan verifikasi biometrik wajah. 

BACA JUGA:Imigrasi Surabaya Harapkan Memorandum Terus Bermitra dan Adaptif di Era Digital

"Ini jauh lebih modern. Penumpang, baik yang datang maupun berangkat, tidak perlu lagi bersentuhan dengan petugas. Sistem ini mempercepat alur penumpang secara signifikan. Ini adalah bukti nyata pelayanan maksimal kami di gerbang negara," tambahnya.

Merespons paparan inovasi tersebut, Pemimpin Redaksi SKH Memorandum, Sujatmiko, mengapresiasi langkah progresif yang diambil Imigrasi Surabaya.

"Sebuah kehormatan bagi kami menerima kunjungan Keluarga Besar Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surabaya. Inovasi-inovasi ini sangat penting untuk diketahui masyarakat luas. Semoga sinergitas yang telah lama terjalin antara Memorandum dan Imigrasi bisa semakin erat ke depannya," ujar Sujatmiko.(alf)

Kategori :