Demi Kepuasan Masyarakat, Imigrasi Surabaya Geber Layanan Akhir Pekan hingga 28 Autogate Canggih di Juanda

Rabu 03-12-2025,13:19 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Komitmen untuk memberikan pelayanan prima bukan sekadar slogan bagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surabaya. Demi menjawab kebutuhan masyarakat yang dinamis, instansi ini melakukan transformasi besar-besaran, mulai dari layanan paspor di akhir pekan hingga modernisasi sistem pemeriksaan di bandara.

Hal ini terungkap saat jajaran pimpinan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surabaya melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Surat Kabar Harian (SKH) Memorandum di Jalan Ketintang Baru III Nomor 91, pada Rabu 3 Desember 2025.

BACA JUGA:Imigrasi Surabaya Borong Empat Penghargaan Kinerja Terbaik pada Evaluasi Capaian Kinerja TA 2025


Mini Kidi--

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Khusus Surabaya, Agus Winarto, disambut hangat oleh jajaran petinggi Memorandum, antara lain Direktur Memorandum Cetak Ahmad Syaiku, Pemimpin Redaksi (Pimred) Cetak Sujatmiko, dan Pimred Online Eko Yudiono. 

Turut mendampingi Kakanim, Kabid Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian Arya Pandu Satrio, serta Kasi Pemeriksaan I Bandara Juanda Dani Hidayat Lubis.

BACA JUGA:Imigrasi Surabaya Layani Pembuatan Paspor Walk-In di Pameran Haji dan Umroh

Dalam diskusi hangat tersebut, Agus Winarto menegaskan bahwa wilayah kerja Imigrasi Surabaya yang mencakup Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto (kota dan kabupaten) memiliki tantangan tersendiri. Volume pemohon yang tinggi menuntut strategi jemput bola.

"Terima kasih Memorandum telah mengundang kami. Prinsip kami saat ini adalah mendekatkan layanan. Untuk melayani empat wilayah kerja yang luas ini, Kantor Imigrasi Surabaya kini didukung oleh enam unit layanan," ujar Agus.

Strategi ini, menurut Agus, bertujuan memecah konsentrasi massa agar tidak terjadi penumpukan di satu titik. Salah satu terobosan yang paling diapresiasi publik adalah operasional unit layanan di Mal Pelayanan Publik. 

BACA JUGA:PPNASN Imigrasi Surabaya dengan Keterbatasan Fisik Sabet Penghargaan Pengabdian Khusus dari Dirjen Imigrasi

"Meskipun hari Sabtu dan Minggu, unit layanan kami di mal tetap buka mengikuti jam operasional mal. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, di hari libur pun kami tetap melayani. Ini adalah bentuk dedikasi kami untuk kepuasan masyarakat," tegasnya.

Selain pelayanan, Agus juga menekankan fungsi penegakan hukum. "Di sisi lain, kami tetap menjalankan pengawasan ketat terhadap orang asing yang berada di wilayah kerja kami demi menjaga keamanan negara," imbuhnya.

Menambahkan paparan Kakanim, Arya Pandu Satrio selaku Kabid Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian memperkenalkan konsep layanan premium yang menjadi solusi bagi kaum urban yang sibuk. Yaitu Immigration Lounge.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Surabaya Gandeng BNNK Sidoarjo Cegah Penyalahgunaan Narkoba dan Gelar Tes Urine Pegawai

Kategori :