Semester I 2025, Kinerja TPK Nilam Meningkat 10 Persen

Jumat 18-07-2025,20:29 WIB
Reporter : Muchlis Darmawan
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - TPK Nilam, salah satu terminal peti kemas yang dikelola oleh PT Terminal Teluk Lamong (TTL) sampai dengan Juni 2025 mencatatkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Logistik Internasional Kian Minati Terminal Teluk Lamong, Arus Peti Kemas Naik

Arus peti kemas yang dilayani mengalami peningkatan sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya, dari 204.667 TEUs menjadi 224.402 TEUs di Semester I 2025. Peningkatan arus peti kemas tersebut salah satunya dipengaruhi meningkatnya arus peti kemas kosong (empty) yang berasal dari Samarinda, Banjarmasin, dan Makassar.


Mini Kidi--

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan permintaan peti kemas kosong untuk membawa barang keluar dari Surabaya ataupun Jatim. Sejak 2022, Jatim telah memiliki misi dagang dan investasi dengan berbagai provinsi di Indonesia, termasuk dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Adapun komoditas yang ditransaksikan yakni sawit, kayu, sarang walet, semen, beras, susu, hasil pertanian, dan kebutuhan pokok lainnya.

BACA JUGA:Terminal Teluk Lamong Terapkan Jadwal Sandar Kapal lewat Berthing Priority

Penambahan kapal adhoc di TPK Nilam juga menjadi penyumbang terbesar naiknya kinerja di Semester 1 2025. Tercatat 29 kapal adhoc dari pelayaran Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), Meratus Line, Caraka Tirta Perkas (CTP), dan Tanto Intim Lines. Hal ini juga menunjukkan adanya kolaborasi yang semakin kuat antara terminal dengan pengguna jasa.

BACA JUGA:Kemenhub Tinjau Aksi Konservasi Energi di Terminal Teluk Lamong

Perwujudan layanan dan komersial yang unggul, salah satunya TPK Nilam melaksanakan kegiatan one on one meeting penyampaian dan diskusi atas capaian kinerja. Baik dari sisi terminal maupun pengguna jasa, serta saran masukan perbaikan pelayanan.

Sebagai salah satu langkah engagement untuk meningkatkan kepercayaan pengguna jasa ke terminal, serta menggali kebutuhan pengguna jasa untuk dapat difasilitasi.

BACA JUGA:Flyover Teluk Lamong Resmi Beroperasi, Atasi Kemacetan dan Tingkatkan Arus Logistik Surabaya

Terminal Head TPK Nilam, Retno Pujianto, menyampaikan bahwa akan terus memberikan layanan operasi dan komersial yang prima kepada pengguna jasa.

BACA JUGA:Pelindo Regional 3 Segera Resmikan Fly Over Teluk Lamong

“Suara dari pengguna jasa akan selalu kami dengar untuk berbenah lebih baik dan hasil yang telah dicapai TPK Nilam hingga Juni 2025 ini merupakan hasil kolaborasi kerja sama yang baik antara terminal dengan pengguna jasa serta stakeholder bidang kepelabuhan lainnya,” katanya, Jumat 18 Juli 2025. (lis)

Kategori :