SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - PT Terminal Teluk Lamong (TTL) terus berinovasi dalam mengoptimalkan kinerja operasional dan pelayanan terminal. Salah satunya melalui konsep Berthing Priority yang mengoptimalkan pengaturan jadwal sandar kapal curah kering di dermaga TTL.
Konsep Berthing Priority merupakan bentuk transformasi dari sistem yang sebelumnya menggunakan konsep FIFO (first in first out), di mana kapal yang tiba lebih awal akan mendapat prioritas sandar terlebih dahulu menjadi penentuan urutan sandar kapal yang mengacu pada jadwal booking yang diajukan oleh cargo owner sebelum atau setelah kapal berangkat dari Port of Loading.
Mini Kidi--
Konsep baru ini memberikan nilai tambah signifikan dalam perencanaan dan efisiensi operasional terminal. Konsep Berthing Priority akan memberikan kepastian waktu sandar kapal, sehingga dapat mengurangi risiko denda demurrage yang ditanggung oleh pelayaran atau cargo owner.
BACA JUGA:Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan, Pelindo Regional 3 Siapkan Buffer Area hingga Layanan Digital
Selain itu juga dapat mendorong perencanaan kedatangan kapal yang lebih baik, sehingga proses bongkar muat dapat dilakukan secara optimal dan berpeluang mendapatkan despatch sebagai insentif atas efisiensi waktu.
Guna memperlancar implementasi konsep ini, TTL bersama KSOP Utama Tanjung Perak menggelar kegiatan sosialisasi standard operating procedure (SOP) Berthing Priority di Hotel Morazen Surabaya, yang dihadiri oleh shipping agent, cargo owner dan forwarding curah kering, Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA), dan stakeholder sektor pelabuhan dan logistik lainnya sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi multipihak.
BACA JUGA:Angkutan Lebaran 2025, Pelindo Regional 3 Layani 704.769 Pemudik
Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak Agustinus Maun, Regional Division Head Operasi Pelindo Regional 3 Johanes Wahyu Hertanto. Sosialisasi dipimpin Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong David Pandapotan Sirait.
Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong David Pandapotan Sirait dalam sambutannya menyampaikan, langkah ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menciptakan ekosistem logistik yang lebih transparan.
BACA JUGA:Peringati Bulan K3 Nasional, Pelindo Regional 3 Kumpulkan 239 Kantong Darah untuk PMI
“Kami percaya bahwa digitalisasi dan keterbukaan informasi dalam perencanaan tambat kapal merupakan kunci dalam membangun kepercayaan dan efisiensi layanan. Konsep Berthing Priority menjadi salah satu inovasi untuk mewujudkan hal tersebut,” ujarnya, Minggu 6 Juli 2025.
Menanggapi konsep ini, Kepala KSOP Utama Tanjung Perak Agustinus Maun, turut memberikan pandangan positif sekaligus harapan atas implementasi Berthing Priority.
BACA JUGA:Selama 2024, Pelindo Regional 3 Salurkan Bantuan kepada TKBM
“Seluruh stakeholder kepelabuhanan harus berkolaborasi untuk mewujudkan ekosistem logistik yang efisien dan efektif, beruntungnya pelabuhan yang ada di wilayah tanjung perak ini memiliki visi yang sama dan terus berinovasi. Kita sudah memiliki TBS (Terminal Booking System), Berthing Priority, dan mewajibkan semua pelabuhan memiliki Bussiness Continuity Plan (BCP) agar operasional pelabuhan dapat terus berjalan lancer,” ungkapnya.
BACA JUGA:Konsisten Terapkan SMK3, Pelindo Regional 3 Raih 9,67 Juta Jam Nihil Laka Kerja
“Evaluasi kinerja dan sosialisasi hari ini bertujuan untuk membuka ruang diskusi dan mendengarkan secara langsung keluhan/masukan dari para cargo owner dan pihak-pihak lain yang terkait untuk bersama-sama terus melakukan perbaikan kedepannya,” tambahnya.
Berthing Priority juga dapat meningkatkan efisiensi operasional secara menyeluruh, baik dari sisi pelayaran, pemilik barang, maupun pengelola terminal. Kemudian juga memudahkan perencanaan perawatan alat bongkar muat (crane dan peralatan pendukung lainnya), karena pelayanan kapal menjadi lebih terjadwal dan yang terakhir dapat mengoptimalkan utilisasi dermaga dengan perencanaan tambat yang lebih strategis dan berorientasi pada kecepatan layanan.
BACA JUGA:Pelindo Regional 3 Raih Penghargaan TJSL dari Pemprov Jatim
PT Terminal Teluk Lamong senantiasa berkomitmen untuk menjadi pelabuhan masa depan yang mengedepankan inovasi dan pelayanan unggul. Sosialisasi ini menjadi tonggak implementasi inovasi baru yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh ekosistem pelabuhan, tidak hanya di Tanjung Perak, tetapi juga sebagai rujukan bagi pelabuhan lainnya di Indonesia. (lis)