SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dinobatkan sebagai ‘Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional’ dalam kategori top inovasi pelayanan publik berkelanjutan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).
BACA JUGA:Volume Penumpang di Terminal GSN dan Barang di Pelabuhan Kalimas Naik
Penghargaan bergengsi ini diberikan atas sejumlah inovasi yang dilakukan Pelindo Regional 3 atas peningkatan layanan yang telah dilakukan di GSN dan menjadikan terminal ini sebagai standar baru bagi pelabuhan penumpang di Indonesia.
BACA JUGA:Ratusan Warga Serbu Gerai Vaksin Presisi di GSN Pelabuhan Tanjung Perak
Sejumlah inovasi yang diterapkan, seperti sistem e-ticketing yang terintegrasi, fasilitas self-service check-in, dan garbarata yang menghubungkan langsung antara terminal dan kapal.
BACA JUGA:Pelatihan Basic Life Support (P3K), Asah Kemampuan Petugas Terminal Penumpang GSN
Fasilitas-fasilitas modern ini tidak hanya mempercepat proses boarding, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi para penumpang. Ruang tunggu yang nyaman, area bermain anak, dan berbagai fasilitas komersial turut melengkapi pengalaman perjalanan para penumpang.
BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Cegah Virus Corona, Bersih-Bersih GSN
Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari menyampaikan, modernisasi GSN tidak hanya berdampak pada peningkatan kenyamanan penumpang, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal dan nasional.
BACA JUGA:Pengamanan Nataru di Pelabuhan GSN
Dengan semakin meningkatnya jumlah penumpang, maka akan berdampak pada peningkatan aktivitas ekonomi di sekitar pelabuhan, seperti sektor pariwisata, perdagangan, dan jasa.
“Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim GSN dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami akan terus berinovasi dan mengembangkan GSN agar menjadi pelabuhan yang semakin modern dan efisien,” ujar Karlinda Sari, Jumat 18 Oktober 2024.
BACA JUGA:Polres Pelabuhan Tanjung Perak Pengamanan Penumpang Kapal di GSN
Senada dengan hal tersebut, Ahmad Rofi’isalah, satu calon penumpang KM Dharma Rucita 8 jurusan Surabaya-Lombok mengungkapkan kekagumannya atas perubahan yang terjadi di terminal tersebut.
“Dulu, naik kapal itu merepotkan. Sekarang, semuanya serba mudah dan nyaman. Saya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh GSN,” ungkapnya.