Operasi Zebra Semeru 2024, Polisi Sidoarjo Sosialisasi dan Baksos ke SD Terpencil

Kamis 17-10-2024,15:26 WIB
Reporter : Budi Joko Santoso
Editor : Fatkhul Aziz

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Anggota Satlantas Polresta Sidoarjo menggelar sosialisasi Operasi Zebra Semeru 2024 dan memberikan bantuan sosialisasi berupa kelengkapan alat sekolah, dengan mendatangi SD Negeri di daerah terpencil di Kecamatan Jabon, Kamis 17 Oktober 2024.

Sosialisasi terkait Operasi Zebra Semeru 2024 itu dilakukan di SD Negeri Kupang IV di Dusun Kalialo, Desa Kupang, Kecamatan Jabon Sidoarjo. SD Negeri Kupang IV tersebut berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Sidoarjo, aksesnya hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. 

Selain memberi sosialisasi Operasi Zebra Semeru 2024 anggota Satlantas Polresta Sidoarjo juga memberikan bantuan sosialisasi berupa paket kelengkapan sekolah kepada siswa-siswi SD Negeri Kupang IV. 

BACA JUGA:Operasi Zebra Semeru 2024, Polresta Sidoarjo Edukasi Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

SD Negeri Kupang IV di Dusun Kalialo ini dalam ajaran tahun 2024 hanya memiliki jumlah siswa dari kelas 1 hingga 6 sebanyak 21 siswa. Dengan rincian  kelas I sebanyak  5 siswa, kelas II 4 siswa, kelas III 3 siswa, kelas IV  2 siswa, kelas V 5 siswa,  kelas VI 2 siswa. SD Negeri Kupang IV hanya memiliki 21 siswa karena dusun tersebut berada di wilayah terpencil dan dikelilingi pematang tambak.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Indra Budi Wibowo mengatakan bahwa Operasi Zebra Semeru 2024 itu dilaksanakan melalui dua tahapan yang pertama dari tanggal 14-20  Oktober itu kegiatannya 40 persen represif, 40 persen preventif, dan 20 persen represif. 

Kemudian tahap kedua mulai tanggal 21-27 Oktober itu kegiatannya 25 persen represif, 25 persen preventif, dan 50 persen represif.

BACA JUGA:Preemtif Operasi Zebra Semeru, Polresta Sidoarjo Masif Edukasi Masyarakat

"Kegiatan preventif itu di antaranya untuk mengedepankan kegiatan Polisi memberi materi tertib lalu lintas ke sekolah terpencil, ke Pondok Pesantren atau bahkan Polisi masuk ke perusahaan-perusahaan," kata Indra, Kamis 17 Oktober 2024.

Indra menjelaskan, untuk kegiatan represif sendiri anggota juga akan melakukan razia secara mobile dan akan melakukan tindakan tilang secara manual. Selain itu di lapangan juga melaksanakan patroli di titik-titik rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran.

Selain itu Satlantas Polresta Sidoarjo akan melakukan patroli rukiyah, patroli itu dilaksanakan untuk meminimalisir angka kecelakaan, yang akan digelar di jalan-jalan sering terjadi kecelakaan di sepanjang jalan mulai Kecamatan Taman sampai Balongbendo. 

BACA JUGA:Satpolairud Polresta Sidoarjo Sambang Nusa Presisi Perairan di Pelelangan Ikan Kalanganyar

Sementara itu Kanit Kamsel Satlantas Polresta Sidoarjo AKP Latifa Andika mengatakan bahwa pihaknya memberikan sosialisasi tentang tertib berlalulintas dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2024 kepada siswa-siswi SD Negeri di daerah-daerah terpencil di wilayah Sidoarjo. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tertib berlalu lintas dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2024. Kegiatan preventif ini untuk meminimalisir angka kecelakaan di jalan. Salah satunya siswa tersebut diberikan sosialisasi pengenalan rambu-rambu lalu lintas, black sport, dan cara mengendarai kendaraan roda dua," kata Latifa. 

Ia menambahkan, memberikan sosialisasi sejak dini seperti ini memang sangat perlu, dengan harapan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi sejak dini agar mereka lebih tertib lagi. 

Kategori :