Kado Hari Jadi Kota Batu ke-23, Desa Tulungrejo Raih Desa Terbaik I Nasional 2024

Rabu 09-10-2024,10:29 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Muhammad Ridho

BATU, MEMORANDUM.CO.ID - Kembali Kota Wisata Batu raih Penghargaan. kali ini berhasil raih Desa Terbaik I Nasional Regional II dalam Lomba Desa Berprestasi Nasional yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri RI. Tepatnya diraih oleh Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, M Tito Karnavian pada Kepala Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Suliono, Di Momen acara Temu Karya Nasional Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar Bali. Selasa, 8 Oktober 2024.

BACA JUGA:Festival Tabebuya 2024, Pj Wali Kota Batu Puas Sukses dan Berikan Dampak Positif Bagi Warga Sekitar

Mendagri Tito usai memberi penghargaan menyampaikan,  pentingnya pembangunan dari desa, karena desa menjadi sentra ekonomi yang hidup.

"Dengan menjadi sentra ekonomi, maka akan mencegah urbanisasi." Kata Tito melalui sambutanya.

Ia Menambakan, Selain memperhatikan  pembangunan desa akan lebih meningkatkan pemerataan pembangunan. 

"Maka pada kepala desa harus memiliki jika entrepreneurship atau kewirausahaan untuk memperkuat ekonominya. "Selamat untuk Desa Tulungrejo". Tutupnya.

BACA JUGA:Hadirkan Semangat Sinergitas Persatuan dan Perdamaian, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kota Batu

Sedangkan, Pj Wali Kota Batu, yang hadir saksikan dan mendampingi secara langsung, mengaku sangat bangga dan berharap penghargaan ini menjadi jembatan agar desa di Kota Batu untuk lebih dikenal dikancah nasional. Hal ini mengingat, potensi dan inovasi yang dimiliki desa di Kota Batu sangat menarik dan tidak kalah dari tempat lain di Nusantara.

"Penghargaan ini membuktikan bahwa desa di Kota Batu memiliki potensi dan inovasi yang tidak kalah dari desa lainnya. Dan dengan capaian ini menjadi jembatan agar desa di Kota Batu, khususnya Desa Tulungrejo semakin dikenal secara nasional," Tuturnya 

Aries ungkapkan, tak kalah lebih penting dari penghargaan ini adalah Desa Tulungrejo akan menjadi inspirasi desa lainnya agar terus menggali potensi dan berinovasi untuk kesejahteraan masyarakatnya.

"Jauh lebih penting, bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua, termasuk Kepala Desa dan Lembaga Desa, yang telah menggali potensi dan berinovasi untuk mensejahterakan masyarakatnya. Dan semoga ini menjadi inspirasi desa lainnya,"Ujar Aries.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu: Pentingya Pariwisata Guna Menumbuhkan Perekonomian Bersama Petani Jeruk dan Seniman Lokal

Sebelumnya, Desa Tulungrejo sebagai duta Provinsi Jawa Timur telah melalui proses seleksi ,baik tingkat Kota Batu, Provinsi Jawa Timur dan juga Nasional di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Berbagai inovasi berhasil dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain Pj Aries yang ikut hadir dampingi Kepala Desa Tulungrejo, Tambak hadir juga dampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Batu, Susetya Herawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk, Ririk Mashuri, Kepala Dinas Kesehatan, Aditya Prasaja, dan Camat Batu, Thomas Maydo.(Nik)

Kategori :