Jadi Percontohan Nasional, Pj Wali Kota Iwan Dukung Perkembangan Gim Lokal

Senin 07-10-2024,18:00 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Ferry Ardi Setiawan

JAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID - Kota Malang kembali mencuri perhatian nasional. Kali ini Kota Malang menjadi satu dari tujuh kabupaten/kota di Indonesia yang layak menjadi percontohan nasional dalam pengembangan gim lokal.

BACA JUGA:Kunjungi Inacraft 2024, Pj Wali Kota Malang Support Produk UMKM Go Internasional

Pasalnya, Kota Malang dinilai berhasil mengimplementasikan amanat Perpres nomor 19 tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional, dengan melaksanakan keempat indikator dalam rencana aksi daerah untuk mengembangkan sektor ini.

BACA JUGA:Pemkot Malang Raih Penghargaan UKPBJ Level 3 Proaktif, Pj Wali Kota Iwan: Bukti Tata Kelola Pengadaan Baik

Ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam Rapat Koordinasi Implementasi Perpres 19/2024 dan Main Bareng Gim Lokal di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta, Senin 7 Oktober 2024. Ini digelar usai Rakor Pengendalian Inflasi yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Sebut Inflasi Kota Malang Terkendali

Menanggapi itu, Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM yang hadir langsung dalam rapat menyebut kemajuan perkembangan gim di Kota Malang tidak lepas dari peran supporting ecosystem yang mendukung empat indikator renaksi tersebut.

Di antaranya, terwujudnya peningkatan SDM gim lokal, peningkatan penggunaan gim lokal, penyediaan infrastruktur dan sarana prasarana gim lokal, serta peningkatan komitmen pemerintah daerah.

BACA JUGA:Lolos Seleksi Tahap II UCCN, Pj Wali Kota Iwan: Kota Malang Berpotensi Jadi Kota Kreatif

“Kota Malang memiliki potensi besar terkait impelementasi kebijakan gim ini. Kota Malang punya market, ada puluhan universitas yang didalamnya 800 ribu mahasiswa. Kita juga punya Malang Creative Center, sebagai wadah kreatif yang aktivitasnya luar biasa," ucap Pj Wali Kota Iwan Kurniawan.

BACA JUGA:Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pj Wali Kota Iwan: Pancasila Penguat Kolaborasi Membangun Daerah

Kota Malang, imbuh Pj Wali Kota Iwan bahwa telah lama menjadikan gim dan aplikasi sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan. Bahkan sektor ini menunjukkan pertumbuhan signifikan.

Beberapa gim yang telah diluncurkan berhasil meraih popularitas, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di pasar internasional. Beberapa karya gim dari Kota Malang seperti Startup Panic oleh Algorocks Studio, Faerie Afterlight yang digagas Clay Game Studio, maupun gim edukasi pencegahan stunting, Si Centing dari Letsplay Indonesia, dan banyak lagi produk gim Kota Malang yang diminati berbagai kalangan gamers.

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Pj Wali Kota Iwan Fokus Pengendalian Inflasi

Pemkot Malang juga memberikan perhatian kepada penggiat e-sport gim melalui Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Malang. Pada Juli lalu, Kota Malang bahkan telah menggelar ajang kompetisi nasional E-Sport melalui Festival Olahraga Masyarakat Kota (FORKOT) I yang digelar oleh KORMI berkolaborasi dengan Indonesia E-Sport Association (IESPA).

Kategori :