Kapolres Batu Tekankan Netralitas dan Jaga Nama Institusi Polri

Jumat 04-10-2024,15:18 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Fatkhul Aziz

BATU, MEMORANDUM.CO.ID - Pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada serentak 2024 yang akan jatuh pada Rabu 27 November 2024 akan datang, Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pratama menekankan netralitas anggota Polri dan tidak terlibat politik praktis selama kampanye maupun tahap pemilihan suara dalam Pilkada Kota Batu 2024 berlangsung.

"Pentingnya netralitas anggota Polri dan jaga nama institusi dengan tidak terlibat politik praktis ini akan menjadi  tolak ukur kinerja Polres Batu dalam Pilkada 2024," katanya melalui pesan tertulis, Jumat 4 Oktober 2024.

Pasalnya, guna ciptakan demokrasi yang sehat dan berkualitas. Terlebih lagi sudah tertuang dalam peraturan perundang-undangan, termasuk ditekankan oleh Kapolri.

BACA JUGA:Kapolres Batu Bersama Forkopimda Peringati Hari Kesaktian Pancasila 2024

“Profesionalitas dan netralitas adalah harga mati dalam pengamanan Pilkada. Jangan pernah merugikan institusi Polri dengan melakukan tindakan yang mencederai demokrasi. Termasuk melukai hati masyarakat,” tegas Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata, S.H., S.I.K, M.Si.

Kapolres Batu,  juga Tekankan beberapa larangan yang harus dihindari oleh anggota Polri selama tahapan pemilu. 

"Termasuk larangan berpose foto dengan kode jari tertentu. Begitu juga memberikan dukungan pada calon Walikota, Wakil Walikota, Gubernur dan Wakil Gubernur." tandasnya.

BACA JUGA:HUT Lalin Bhayangkara Ke-69, Kapolres Batu Beri Reward 4 Anggota Berprestasi

Selanjutnya, Larangan keras, untuk memanfaatkan fasilitas dinas atau pribadi untuk kepentingan politik praktis. Mengingat gelaran demokrasi yang berkualitas merupakan pintu awal mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

"Intinya tidak ada anggota khusunya di Polres Batu yang terlibat mendukung atau memihak salah satu calon, tugasnya hanya pengamanan dan pengawalan setiap tahapan Pilkada agar berjalan dengan tertib, lancar dan aman." tegasnya.

Ia mengimbau, yang penting dan perlu diingat meskipun ada keluarga dari anggota Polri yang maju dalam Pilkada.

BACA JUGA:Kapolres Batu Turun Langsung Olah TKP Pemotor Tewas yang Jadi Korban Tabrak Lari

"Tidak diperbolehkan anggota mengikuti pertemuan politik apalagi sampai menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye," imbuhnya.

Sebagai orang nomor satu di Polres Batu, dirinya juga menekankan semua anggota internal Polres Batu agar tidak mencoba bermain-main dalam Pilkada ini, terlebih jika ada temuan pelanggaran pilkada terhadap anggota.

"Penekanan netralitas ini khusus anggota internal Polres Batu, jika ada yang mengetahui laporan dengan bukti digital atau bukti pendukung biar bisa langsung kami tangani dan tindak tegas tanpa pandang bulu," tegas Andi.

Kategori :