Surat DPP PDI-P Last Minute, M Zaini Ikut Dilantik Pimpinan Dewan

Kamis 03-10-2024,18:20 WIB
Reporter : Muhamad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Ada satu kejutan dalam pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis 3 Oktober 2024, siang. Ya, Muhammad Zaini yang menjadi perwakilan PDI-P resmi mengikuti pelantikan di gedung DPRD Kabupaten Pasuruan di Raci Bangil. 

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan Bakal Dilantik Tanpa PDI-P

Zaini sendiri baru mendapatkan tembusan surat dari DPP PDI-P itu pada Rabu 2 Oktober 2024. Atau sehari menjelang pelantikan. Padahal, sebelumnya SK Gubernur bernomor 100.3.3.1/945/KPTS/011.2/2024 jelas menyatakan, bahwa yang akan dilantik sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan ada tiga orang. Yakni, Samsul Hidayat sebagai Ketua DPRD (Partai PKB). Lalu, Adinda Denisa SPsi sebagai Wakil Ketua (Partai Gerindra). Dan Rias Yudikari Drastika sebagai wakil ketua (Partai Golkar). 

BACA JUGA:Samsul Hidayat Berpeluang Jadi Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan

Bahkan, baik Samsul Hidayat maupun Syaifuddin Ahmad sebagai Sekretaris Dewan belum bisa menjawab pada Rabu 2 Oktober 2024 sore, karena suratnya baru disusulkan ke Gubernur Jawa Timur untuk mendapatkan SK. Hal ini dikarenakan surat dari DPP PDI-P baru diterima sekwan juga last minute.  

Dan benar SK Gubernur baru ditandatangani PJ Adhy Karyono pada 2 Oktober 2024. Pelantikan M Zaini berdasarkan SK Gubernur tersendiri bernomor 100.3.3.1/962/KPTS/011.2/2024. SK tersebut berisi tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasuruan Masa Jabatan Tahun 2024-2029 Tahap II. 

BACA JUGA:50 Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Periode 2024-2029 Dilantik

“Saya sendiri baru dapat info tadi. Ya harus siap dilantik juga,” tegas Zaini sesaat sebelum agenda pelantikan. 

Pelantikan 4 pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan ini berlangsung khidmat. Disaksikan sejumlah tokoh penting dan elemen masyarakat. Ada Pj Bupati Nurkholis beserta jajaran forkopimda, lalu para kiai, tokoh masyarakat, LSM dan insan media.

BACA JUGA:50 Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Bakal Dilantik Rabu Besok 

Samsul Hidayat sendiri menggantikan M Sudiono Fauzan sebagai Ketua. Kemudian, dua posisi Wakil Ketua diisi wajah-wajah baru. Yaitu Adinda Denisa dan Muhammad Zaini. Adinda menganggantikan M Rusdi Sutejo yang kini mencalonkan bupati. Lalu, Muhammad Zaini menggantikan Andri Wahyudi. Sementara, satu wakil ketua yang kuat tak tergantikan adalah Rias Yudikari Drastika. 

Samsul Hidayat dalam sambutannya menegaskan komitmennya untuk menjalin kerja sama erat dengan pemerintah daerah, forkopimda, para stakeholder, unsur masyarakat-termasuk insan media.

“Kami akan bekerja dengan penuh tanggung jawab dan selalu terbuka terhadap usul, saran dan masukan masyarakat,” ujarnya. 

BACA JUGA:DPRD Pasuruan Segera Usulkan Nama Pengganti Pj Bupati

Selain itu, Samsul juga menekankan pentingnya pengawasan terhadap kebijakan pemerintah agar pembangunan di Kabupaten Pasuruan berjalan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.

Kategori :