Kajati Jatim Ajak Masyarakat Bangga Berbatik

Rabu 02-10-2024,05:52 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Agus Supriyadi

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID – Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim Dr Mia Amiati S.H., M.H., CMA., CSSL mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk turut serta dalam perayaan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

"Hari Batik Nasional bukan hanya untuk mengenang sejarah batik, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga identitas bangsa dan memperkuat persatuan. Setiap tahun, masyarakat diimbau untuk mengenakan batik sebagai simbol persatuan yang melampaui perbedaan," ujar Kajati Jatim Mia Amiati.

Seperti diketahui, penetapan Hari Batik Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 33 Tahun 2009, menyusul pengakuan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tahun 2009.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Dana Talangan Proyek di Kongo, Kejati Jatim Tahan Mantan Bos PT INKA

BACA JUGA:Kajati Jatim Mengajar di Kelas Magister Ilmu Hukum Unair Mata Kuliah Kapita Selekta Hukum Pidana

Lebih lanjut, Kajati Jatim menyampaikan bahwa tema perayaan Hari Batik Nasional tahun ini, yaitu “Bangga Berbatik”, memiliki makna yang sangat dalam.

"Tema ini mencerminkan semangat untuk melestarikan dan menghargai batik sebagai warisan budaya Indonesia. Dengan mengenakan batik dalam berbagai kesempatan, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan nilai budaya dan mendukung industri batik lokal," imbuhnya.

Kajati Jatim berharap, melalui perayaan Hari Batik Nasional ini, semangat kebangkitan industri batik di Jawa Timur semakin berkobar.(gus)

Kategori :