Penuh Khidmat, Polres Kediri Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Selasa 01-10-2024,14:57 WIB
Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Fatkhul Aziz

KEDIRI, MEMORANDUM.CO.ID – Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Polres Kediri Polda Jatim gelar upacara bertemakan ‘Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas’, Selasa 1 Oktober 2024

Upacara berlangsung di lapangan apel Mapolres Kediri dan dipimpin oleh Kapolres Kediri AKBP Bimo Ariyanto, S.H., S.I.K. selaku inspektur upacara (irup). 

Turut hadir para Pejabat Utama (PJU) dan seluruh anggota Polres Kediri, yang mengikuti prosesi upacara dengan tertib dan penuh khidmat.

BACA JUGA:Polres Kediri Gelar Anev Sitkamtibmas September 2024

Upacara yang diadakan setiap tahun ini bukan hanya sebagai penghormatan terhadap Pancasila, tetapi juga pengingat akan pentingnya menjaga dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Ini menjadi momentum bagi anggota Polri untuk merenungkan kembali makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks pribadi, sosial, maupun profesional.

Dalam sesi amanat, Kapolres Kediri menegaskan bahwa Pancasila adalah dasar negara yang harus dijunjung tinggi oleh setiap anggota Polri dalam bertugas. 

BACA JUGA:Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Polres Kediri Gelar Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim

"Pancasila adalah perekat bangsa, dan tugas Kita sebagai abdi negara adalah mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam setiap tindakan," ujarnya.

Sambung AKBP Bimo, tema kali ini diambil sebagai pengingat akan cita-cita Bangsa untuk menjadi negara maju dan sejahtera pada tahun 2045, yang bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia. 

Namun, hal tersebut hanya dapat tercapai jika seluruh elemen masyarakat berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. 

BACA JUGA:Patroli Malam Minggu, Polwan Polres Kediri Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif

"Polri memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan. Untuk itu, Kita harus menjadi contoh bagi masyarakat, jadikan Pancasila sebagai landasan utama dalam berpikir, bersikap, dan bertindak," kata AKBP Bimo mengakhiri amanatnya. 

Dengan dilaksanakannya upacara ini, diharapkan anggota Polres Kediri semakin memahami dan menghayati pentingnya Pancasila dalam mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia. (hms/day)

Kategori :