Budayawan dan Petani Deklarasi Dukung GUS, Berharap Ada Perubahan

Rabu 18-09-2024,15:48 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Fatkhul Aziz

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Komunitas budayawan dan petani pada Rabu 18 September 2024 mendeklarasikan dukungan pada pasangan Abah Gunawan dan dr Umar Usman (GUS) di Pilbup Malang. 

Deklarasi dimotori oleh ketua perempuan tani Yuliana Riama yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI). Dekalrasi berlangsung di Desa Sekarpuro, kecamatan Pakisdiikuti 45 perwakilan komunitas budayawan, petani, akademisi, dan komunitas lain.

“Kami pribadi antusias sekali untuk mengawal dan membantu kemenangan GUS agar masyarakat kabupaten Malang mendapatkan hak kesejahteraannya yang semestinya,” ujar Riama.

BACA JUGA:Pelan tapi Pasti, Cabup Abah Gunawan Siap Menuju Kontestasi Pilkada Kabupaten Malang

Mereka berharap pasangan ini bisa menaruh kepedulian, yang lebih besar pada pegiat budaya dan petani di Kabupaten Malang. Yuliana Riama sendiri merupakan Ketua Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Malang.

Bendahara Majelis Cendekiawan Keraton Nusantara (MCKN) Jawa Timur, berharap Abah Gun bisa mengusung perubahan dan mendengar jeritan-jeritan masyarakat kabupaten Malang. Salah satu keluhan petani yang kerap disuarakan adalah kelangkaan pupuk. 

“Jika Abah Gun jadi bupati, harapannya kelangkaan pupuk dapat teratasi, sehingga petani bisa bekerja dengan baik dan dapat hasil maksimal," kata, Riama.

BACA JUGA:Dintarkan Ribuan Massa, Pasangan Bacalon Gunawan-Umar Daftar ke KPU

Dengan begitu para petani bisa mendapatkan kesejahteraan, serta tidak perlu cemas lagi memikirkan pupuk subsidi ketika musim tanam tiba. Karena hingga saat ini venomena pupuk langka, selalu saat para petani membutuhkan pupuk untuk tanamannya.

Sementara itu budayawan asal kecamatan Tumpang, Ki Suryo mengatakan kabupaten Malang sangat kaya akan kebudayaan dan masyarakatnya sangat majemuk. Budaya yang dimiliki masyarakat Kabupaten Malang di bagian barat berbeda dengan yang ada di wilayah timur.

"Sehingga dibutuhkan pemimpin yang memahami, bahwa kabupaten Malang memiliki aneka ragam budaya itu," ungkap Ki Suryo.

BACA JUGA:Golkar Rekomendasi Gunawan-Umar Maju Pilkada Kabupaten Malang

Bahkan dari budaya yang ada itu, ada banyak budaya yang murni (dari Malang). Maka dibutuhkan bupati yang punya kepedulian lebih. Hal itu nampak hanya pada Abah Gun, cukup memiliki kepedulian akan budaya asli Malang.

Apabila Abah Gunawan terpilih menjadi Bupati Malang, Ki Suryo berharap Abah Gunawan mau benar-benar mempelajari peta kebudayaan di Kabupaten Malang. Selain itu, diharapkan ada ruang komunikasi antara budayawan dengan Bupati Malang agar bisa terjalin sinergitas.(kid)

Kategori :