Masuk 6 Kota dengan IMDI Terbaik Nasional, Kota Malang Terima Penghargaan Kemenkominfo RI

Rabu 11-09-2024,06:23 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Muhammad Ridho

JAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID - Untuk pertama kalinya, Kota Malang menerima penghargaan dan masuk dalam enam Kabupaten/ Kota dengan Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) terbaik nasional dari 514 Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia. 

Kota Malang mendapat skor 52,64 di atas hasil pengukuran IMDI Nasional Tahun 2024 yaitu 43,34. Prrestasi ini mendapatkan apresiasi yang dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kominfo RI Budi Arie Setiadi yang diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto dalam momen ‘Peluncuran Hasil Pengukuran Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) Tahun 2024’, di Jakarta, Selasa 9 September 2024.

BACA JUGA:Penghargaan Kemenhub RI : Kota Malang Raih WTN 2024 Kategori Kota Besar

BACA JUGA:Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2024, Pj Wali Kota Malang Ajak Wujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak

Berdasarkan hasil pengukuran nilai IMDI tahun 2024, Kota Malang menerima Penghargaan 'Skor IMDI Kategori Sangat Tinggi 2024' sebagai bentuk apresiasi Kemenkominfo atas upaya yang telah dilakukan dalam membangun masyarakat digital Indonesia. 

Kemenkominfo melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Informatika (BPSDM Kominfo), melakukan pengukuran IMDI yang telah dilakukan sejak tahun 2022. IMDI merupakan suatu pengukuran tingkat kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaannya.

“IMDI dirancang berdasarkan G20 Toolkit for Measuring Digital Skills and Digital Literacy sebagai implementasi pengukuran kondisi masyarakat digital Indonesia berbasis wilayah dari tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten/kota,” terang Menteri Budi Arie.

BACA JUGA:Kota Malang Raih Penghargaan di Ajang e-Purchasing Award Jatim 2024

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Pembinaan Proklim 2024

IMDI bertujuan memberikan gambaran kondisi existing masyarakat digital Indonesia dengan empat Pilar Indeks Masyarakat Digital Indonesia meliputi Infrastruktur dan Ekosistem, Keterampilan Digital, Pemberdayaan dan Pekerjaan.

“Pengumpulan data IMDI dilakukan dengan menghimpun data-data dari kementerian/lembaga terkait dan melalui survei terhadap lebih dari 17.000 responden individu dan 10.000 responden industri yang tersebar di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia,” jelas Menkominfo Budi Arie.

Tren IMDI Kota Malang meningkat tiap tahunnya, di tahun 2022 skor IMDI Kota Malang 49,07 yang meningkat di tahun 2023 sebesar 51,59. Nilai tersebut kembali meningkat di tahun 2024 ini yakni 52,64. 

BACA JUGA:Komitmen Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan UHC 2024

BACA JUGA:Kedubes Palestina Beri Penghargaan Kantor Imigrasi Malang atas Penegakan Hukum Berlandaskan Kemanusiaan

Kategori :