Galeri Dekranasda Sebagai Pusat Oleh-Oleh Khas Kota Pasuruan, Kini Hadir di Alun-Alun

Sabtu 07-09-2024,22:26 WIB
Reporter : Muhamad Hidayat
Editor : Muhammad Ridho

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan bakal semakin ramai. Hal ini karena munculnya Galeri Dekranasda sebagai pusat oleh-oleh khas Kota Pasuruan. 

Prosesi pembukaan ditandai dengan gunting pita oleh Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Ketua Dekranasda, Fatma Saifullah Yusuf pada Sabtu, 7 September 2024. Kehadiran Galeri Dekranasda ini cukup vital karena tepat berada di jantung Kota Pasuruan.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Pasuruan Periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Gus Ipul: Kepentingan Rakyat Harus Diutamakan

Dalam sambutannya, Gus Ipul menyampaikan, hadirnya Galeri Dekranasda ini sebagai wujud Pemerintah Kota Pasuruan dalam mendorong pertumbuhan UKM dan IKM Kota Pasuruan. 

“Galeri ini menjadi kesempatan para UKM dan IKM untuk melayani pengunjung yang datang dengan berbagai produk kekinian. Sajikan produk-produk yang terbaik, inovatif, dan kreatif,” ujarnya. 

Gus Ipul menyebutkan, jumlah pengunjung dan peziarah yang datang ke Kota Pasuruan semakin meningkat. Hal ini menandai bahwa pertumbuhan Kota Pasuruan semakin meningkat. 

“Pengunjung yang hadir memerlukan layanan, yakni dari sarana prasana yang memadai, termasuk layanan penyedia oleh-oleh khas Kota Pasuruan dalam bentuk kuliner maupun produk kerajinan yang lainnya,” tuturnya.

BACA JUGA:Gelar Resepsi Malam Kenegaraan, Gus Ipul: Seperti Tidak Berada di Kota Pasuruan

BACA JUGA:Pimpin Apel Bersama ASN-Non ASN, Gus Ipul Titipkan Dua Pesan Penting, Apa Itu?

Keberadaan Galeri Dekrasanda yang tak jauh dari Payung Madinah ini, lanjut Gus Ipul, untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan  yang ingin membeli produk UMKM Kota Pasuruan. 

“Pengunjung datang bukan hanya dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur, melainkan juga dari provinsi lain. Pemkot Pasuruan memberikan fasilitas tempat yang mudah di akses. Salah satunya di kawasan Alun-alun ini,” imbuhnya

Ke depan, Walikota berharap Galeri Dekranasda ini dapat terjaga dan terpelihara menjadi etalase untuk menunjukkan dan mempromosikan berbagai produk makanan minuman serta kerajinan di Kota Pasuruan.

“Semoga galeri ini dapat terjaga dan terpelihara serta dapat dimanfaatkan bagi para pelaku usaha untuk berjualan, sehingga Kota Pasuruan semakin maju,” tegasnya.

BACA JUGA:CFN Sembari Peringati Hari Lingkungan Hidup, Gus Ipul: Mulailah dari Kebersihan, Jaga Keseimbangan Alam

Sementara itu, Fatma Saifullah Yusuf menyampaikan, tujuan Dekranasda ini untuk mengembangkan potensi kerajinan agar menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat serta memfasilitasi pengerajin maupun pengusaha makanan dan minuman dalam mempromosikan dan memasarkan produknya. 

Kategori :