Presiden Jokowi Akhiri Masa Bakti Mensos Risma di Kabinet

Jumat 06-09-2024,15:10 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah resmi mengabulkan permohonan pengunduran diri Menteri Sosial Tri Rismaharini. Keputusan ini mengakhiri kiprah Risma di kabinet. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Surabaya. 

"Sudah mengajukan pengunduran diri. Saya sudah menandatangani surat pengunduran dirinya (Mensos Risma)," tegas Jokowi diseal agendanya mengunjungi Pasar Soponyono, Jumat 6 September 2024.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan RS Vertikal Kemenkes di Surabaya, Sebut Jatim Urutan Ketiga Kematian Tertinggi

BACA JUGA:Blusukan ke Pasar Soponyono, Jokowi Minta Maaf ke Masyarakat Surabaya

Keputusan Risma untuk mundur ini sejalan dengan niatnya untuk fokus pada kontestasi Pilgub Jawa Timur. 

Sebelumnya, Risma sempat menyatakan pengunduran dirinya sebagai menteri saat mendaftar pencalonannya di Pilgub Jatim 2024. Risma pun juga dikabarkan sudah menghadap secara resmi ke kantor Presidenan pada Jumat 30 Agustus 2024.

Dengan keluarnya Risma dari kabinet, kursi menteri sosial kini resmi kosong. Langkah ini membuka peluang bagi Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet atau menunjuk pejabat sementara. 

"Sudah saya tandatangani keputusan untuk pemberhentiannya (Mensos Risma), tetapi penggantinya nanti sebentar lagi,” jelasnya. (alf)

Kategori :