Pilkada Kota Madiun, Antara Merpati-Jawa-Serayu

Senin 02-09-2024,20:14 WIB
Reporter : Moch Adi Saputro/Adi Jaguar
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MADIUN, MEMORANDUM.CO.ID - Seluruh partai politik (parpol) telah menentukan sikapnya dalam mendukung bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun. Baik parpol peraih kursi DPRD maupun tidak.

BACA JUGA:Diiringi Ratusan Kader dan Simpatisan, Paslon Madiun Menyala Mantab Macung Pilkada 2024

Tentunya sangat menarik jika melihat dinamika panggung perpolitikan akhir-akhir ini di Kota Pendekar. Di mana sebelumnya hanya muncul dua poros saja yang sering berseliweran di media. Yakni bapaslon Maidi-F Bagus Panuntun (MADIUN) dan Bonie Laksmana-Bagus Rizki Dinarwan (BONUS).

BACA JUGA:Ribuan Penyandang Disabilitas Mental Masuk DPS Pilkada Kabupaten Madiun

Namun di detik-detik akhir pendaftaran, PDI-P nyatanya unjuk gigi dan tidak ingin hanya jadi penonton saja. Ya, partai gawangan Megawati Soekarnoputri itu memberikan formulir B1 KWK untuk pasangan Inda Raya AMS-Aldi Dwi Prastianto (DADI JUARA). Ini merupakan biang dari putusan Mahkamah Konstitusi yang menurunkan ambang batas pencalonan.

BACA JUGA: MK Ubah Syarat Pencalonan Pilkada, PDIP Solid Usung Ahmad Dawami - Sandika

Jika melihat komposisi saat ini, bapaslon MADIUN-lah yang paling gemoy dukungan. Pasangan ini didukung 6 parpol parlemen dengan total 19 kursi. Rinciannya, Demokrat 4 kursi, PSI 4 kursi, PKS 4 kursi, PKB 3 kursi, Gerindra 2 kursi, dan NasDem 2 kursi.

BACA JUGA:PKS Berikan Rekom untuk MaPan di Pilkada Kota Madiun

Sedangkan parpol non parlemen alias tidak memiliki kursi wakil rakyat tercatat ada 4 parpol. Yakni PAN, Gelora, PBB dan Prima. Total 10 partai mendukung pasangan ini.

BACA JUGA:Survei Pilkada We Institut, Maidi-F Bagus Panuntun Tertinggi

Bapaslon BONUS mendapat dukungan 7 kursi Taman Praja (sebutan kantor DPRD Kota Madiun), dari 2 parpol. Perindo 4 kursi dan Golkar 3 kursi menjadi modal macung Pilkada. Ditambah PKN, Hanura, Buruh, Ummat, dan Garuda yang notabennya parpol non parlemen.

BACA JUGA:Partai Gerindra Resmi Usung Maidi-Bagus Panuntun Maju Pilkada Madiun

Sedangkan DADI JUARA hanya mendapat dukungan 1 parpol Taman Praja dengan 4 kursi wakil rakyat, yaitu PDI-P. Plus parpol di luar DPRD, yaitu PPP.

 

Takaran Perolehan Suara Pemilu

Kategori :