Berhasil Capai 100% Keseimbangan Air, Multi Bintang Indonesia Komitmen Beri Dampak Positif ke Lingkungan

Sabtu 31-08-2024,11:21 WIB
Reporter : Eko Yudiono
Editor : Eko Yudiono

MEMORANDUM.CO.ID-Multi Bintang Indonesia (MBI), bagian dari The Heineken Company, telah berhasil mencapai 100% persen keseimbangan air.

Artinya, produsen brand bir premium internasional merek Heineken dan Bintang ini mengembalikan air dengan jumlah yang sama dengan yang diambil.

BACA JUGA:Pemkab Lamongan Gelar Lomba, Warnai Peringatan HUT Kemerdekan ke-79

Bahkan berhasil melebihi dari jumlah yang diambil (water positive) demi mewujudkan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sehat.

Selain itu, MBI juga memasang panel surya di fasilitas Brewery Sampangagung yang berkontribusi terhadap penggunaan energi terbarukan.

Juga meresmikan TPS3R (Tempat Pembuangan Sampah Reuse-Reduce-Recycle) Sampang sebagai sarana untuk mengelola dan meningkatkan sirkularitas sampah.

Bambang Chriswanto selaku Corporate Affairs Director Multi Bintang Indonesia menyampaikan, pencapaian ini selaras dengan ambisi keberlanjutan perusahaan yang dirangkum pada Brew a Better World 2030.

“Sebagai bagian dari The Heineken Company, Multi Bintang Indonesia bertanggung jawab untuk menjalankan bisnis yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Pencapaian ini merupakan langkah konsisten kami untuk mewujudkan Brew a Better World 2030," ucapnya, Sabtu, 31 Agustus 2024.

MBI terus melakukan berbagai inisiatif untuk Brew a Better World. Salah satunya, mencapai 100% energi terbarukan pada seluruh lini produksi perusahaan.

Saat ini, MBI sudah memanfaatkan dua fasilitas biomassa yang dioperasikan pada fasilitas Brewery Sampangagung sejak 2018 dan di fasilitas Brewery Tangerang sejak 2022.

Pemanfaatan biomassa mengurangi kebutuhan akan energi berbahan bakar fosil dan menekan emisi gas rumah kaca pada proses pembuatan bir.

Tidak hanya itu, untuk mengakselerasi pencapaian ambisi tersebut, MBI memasang panel surya pada kedua brewery dan menghimpun kapasitas sebesar 3.387 MWh per tahun.

Pemanfaatan panel surya tersebut akan memenuhi 18% kebutuhan listrik di fasilitas Brewery Sampangagung dan 19% pada fasilitas Brewery Tangerang sepanjang tahun 2024.

Guna mencapai berbagai progres tersebut, Bambang menuturkan bahwa investasi yang konsisten pada program keberlanjutan adalah hal penting.

“Hingga akhir tahun 2023, Multi Bintang Indonesia telah berinvestasi senilai Rp 93,9 miliar untuk program lingkungan dan sosial sebagai bagian Brew a Better World. Ke depan, kami akan terus berinvestasi dan terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan,” tegas Bambang.

Kategori :