Cabor Basket Jatim Siap Sapu Bersih Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kamis 29-08-2024,08:41 WIB
Reporter : Farid Al Jufri
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Tim Cabor Basket Jawa Timur siap mempertahankan medali emas di sektor Putri 5x5 serta siap menyapu bersih semua emas di semua sektor pada pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Keempat sektor tersebut adalah 5x5 Putra-Putri dan 3x3 Putra-Putri. 

Optimisme ini disampaikan Ketua Umum Perbasi Jatim Grace Evi Ekawati karena pada PON kali ini Jawa Timur dihuni atlet-atlet berpengalaman yang telah tampil di ajang Nasional bahkan Internasional. 

"Kami optimis karena kita sudah berjuang sudah mempersiapkan segala sesuatu sebaik mungkin. Kami ingin cetak sejarah bisa kawin gelar," kata Evi usai pelepasan tim di Surabaya, Rabu 28 Agustus 2024 sore.

BACA JUGA:Lepas Sepak Bola dan Futsal ke PON, Ketua KONI Jatim Harap Kawin Emas

Bahkan hasil training camp luar negeri lalu, Evi mengaku ada progres cukup signifikan ditunjukkan atlet baik secara permainan, skill, dan mental. 

"Dua tahun latihan biasa tentu ada titik jenuh dan ketika ada kesempatan TC luar negeri mereka senang, tanding di luar bisa main lepas, dapat rival kelas nasional. Jadi mereka banyak belajar dan sudah tau bagaimana harus bertahan dan bagaimana keluar dari pressure lawan," ujarnya. 

BACA JUGA:KONI Jatim Hitung Ulang Potensi Medali di PON Aceh-Sumut

Sementara itu, Ketua KONI Jatim M Nabil mengaku memiliki ekspetasi tinggi terhadap basket yang sebelumnya berhasil membuat sejarah meraih emas pertama kali pada saat PON 2021 Papua. Di mana emas diraih tim basket 5x5 putri.

"Kami sudah siapkan tim ini sejak 2,5 tahun dan mereka sudah melakukan try out ke berberapa negara untuk penguatan skill dan penguatan mental," ujar M Nabil. 

Ia menilai ikhtiar yang dilakukan oleh tim basket selama ini begitu serius untuk bisa meningkatkan prestasinya. 

"Kami lihat semua punya semangat luar biasa karena mayoritas bukan atlet baru, rata-rata dari kecil sudah jadi pemain basket. Bahkan beberapa punya jam terbang bagus karena beberapa kali mengikuti event nasional dan internasional bahkan sudah mewakili Indonesia. Tinggal bagaimana di lapangan," ujarnya. 

BACA JUGA:Raih 7 Emas, Muay Thai Jatim Juara Umum BK PON XXI/2024 Aceh-Sumut

Setelah mendapat medali emas di sektor putri 5x5 di PON XX Papua, Nabil berharap tim putri bisa mempertahankan emas di PON XXI Aceh-Sumut. 

"Nah sekarang yang lain kami tata, 5x5 putri kita tetap pertahankan emas, kemudian yang putra kita harapkan, kemudian juga termasuk di 3x3 kami tata semoga emas," kata Nabil usai melepas tim Basket Jatim. 

Untuk itu, Nabil berpesan kepada seluruh atlet agar tidak sombong dan meremehkan kekuatan lawan, namun harus tetap yakin dengan kemampuan yang dimiliki. (rid) 

Kategori :