Risma Ikut Berebut Kursi Gubernur Jawa Timur

Rabu 28-08-2024,13:33 WIB
Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Konstelasi politik Jawa Timur menjelang hari terakhir masa pendaftaran pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang akan berkontestasi di Pilkada serentak 2024 semakin cair. 

Awalnya Pilgub Jawa Timur yang awalnya berpotensi calon tunggal, mendadak berubah detik-detik terakhir. Hingga diprediksi ada tiga pasangan calon yang akan bertarung di Pilgub Jatim 2024. Diantarnya Khofifah- Emil, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul, Tri Rismaharini-Sutiaji.

Menarik, pasangan calon yang sudah mendaftar  ke KPU Jatim adalah Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak diusung 15 parpol.

BACA JUGA:Khofifah-Emil Gagas Nawabakti Satya 2 di Pilgub Jatim 2024

Sementara itu, Tri Rismaharini dan Sutiaji diusung PDI Perjuangan dan Hanura (mendaftar di hari terakhir), dan pasangan Luluk Hamidah dan Lukmanul Hakim diusung PKB (mendaftar di hari terakhir).

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno tidak membantaj kabar yang beredar bahwa PDI Perjuangan. “Tapi itu belum putus,” kata ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini.

Sebagaimana diketahui bersama pasangan petahana Khofifah-Emil mendaftar ke KPU Jatim di hari kedua masa pendaftaran paslon pada Rabu (28/8/2024) pagi diantar rombangan arak-arakan kesenian tradisional dari lima kawasan di Jatim yaitu Arek, Mataraman, Pantura, Madura dan Tapa Kuda.

BACA JUGA:PDIP Bakal Usung Risma di Pilgub Jatim 2024

“Ini adalah super tim, mohon doanya semoga saya dan pak Emil bisa melanjutkan memimpin kembali prvinsi Jawa Timur untuk lima tahun ke depan,” ujar Khofifah usai mendaftar ke KPU Jatim.

Terpisah waki ketua DPP PKB Jaziul Fawait mengatakan bahwa PKB tak jadi berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilgub Jatim untuk melawan paslon petahana karena ingin memberikan pilihan yang lebih banyak kepada masyarakat Jatim sekaligus memberi kesempatan bagi kader PKB untuk menjadi calon pemimpin di Provinsi Jatim.

“Ya, Mbak Luluk Hamidah yang kita usung menjadi Cagub Jatim berpasangan dengan Lukmanul Hakim. Keduanya adalah kader PKB yang duduk di DPR RI,” jelas Jazillul Fawait.

BACA JUGA:Dapat Dukungan dari Partai Buruh, Khofifah-Emil Siap Bertarung di Pilgub Jatim

Info yang berkembang, pasangan Bacawagub yang akan mendampingi Tri Rismaharini (Bacagub) memang ada beberapa nama. Diantaranya, Muhammad Nur Arifin (Bacabup Trenggalek), Sutiaji (mantan walikota Malang), KH Marzuki Mustamar (mantan ketua PWNU Jatim) dan Gus Kautsar (PP Ploso Kediri).

Ketua KPU Jatim Aang Khunaifi menyatakan bahwa hingga saat ini baru satu pasangan calon yang mendaftar maju di Pilgub Jatim 2024 yaitu pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak (petahana) yang diusung 15 parpol.

“Untuk PDI Perjuangan dan PKB belum ada konfirmasi kapan akan mendaftar ke KPU Jatim. Mudah-mudahan jadi mendaftar sehingga Pilgub Jatim sesuai taglinenya yaitu Seneng Bareng,” kata Aang Kunaifi. (day)

Kategori :