PDIP Bakal Usung Risma di Pilgub Jatim 2024

Rabu 28-08-2024,06:56 WIB
Reporter : Muhammad Ridho
Editor : Eko Yudiono

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Menteri Sosial Tri Rismaharini yang juga mantan wali kota Surabaya, dikabarkan akan maju sebagai bakal calon Gubernur pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

BACA JUGA:PSI Serahkan SK B1 KWK ke Khofifah-Emil, Targetkan Menang 70 Persen

Kabar ini disampaikan Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP Jawa Timur Said Abdullah. Menurutnya, nama Risma hampir pasti menjadi sosok yang akan diusung PDIP.

"Kalau Jawa Timur Ibu Risma insya Allah confirm," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 27 Agustus 2024.

BACA JUGA:Golkar Serahkan Formulir B1 KWK ke Khofifah-Emil, Berkah Meraih Kemenangan Pilgub Jatim

Said membuka peluang bahwa PDIP akan mengumumkan secara resmi dukungan kepada Risma untuk maju pada Pilkada Jawa Timur 2024 pada Rabu 28 Agustus 2024, hari ini.

"Mudah-mudahan sebagai kader sebagai Ketua DPD Jawa Timur, saya berharap besok sudah bisa diumumkan oleh DPP partai," ucapnya.

BACA JUGA:PDI-P Jatim Siapkan Kader Internal, Tak Dukung Petahana Khofifah-Emil di Pilkada 2024

Namun, dia menyebut sosok bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Risma masih digodok oleh PDIP dengan berbagai pihak lainnya, tak terkecuali dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Wakilnya masih dalam proses pembicaraan untuk sampai pada tahap menjadi cawagub mendampingi Mbak Risma," ujarnya.

BACA JUGA:Rekom NasDem Turun, Khofifah-Emil Siap Kerja Keras Raih Kemenangan

KPU membuka pendaftaran pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 pada 27-29 Agustus 2024. 

Setelahnya, KPU akan menetapkan pasangan calon kepala daerah pada 22 September. Kemudian, pemungutan suara serentak digelar pada 27 November 2024.

Sejauh ini di Jawa Timur baru muncul nama Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Pasangan petahana ini diusung mayoritas partai, di antaranya Gerindra, Golkar, dan Demokrat.

Kategori :