Wartawan Memorandum Raih Juara LKTW 2024

Senin 26-08-2024,19:04 WIB
Reporter : Hari Mujianto
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Wartawan Memorandum, Muhammad Hidayat akhirnya dinobatkan sebagai juara 1 Lomba Karya Tulis Wartawan (LKTW) 2024. Nama Muhammad Hidayat terpampang dalam layar Videotron saat gelaran LKTW 2024 digelar Pemkot Pasuruan di Taman Kota. 

BACA JUGA:Operasi Jagratara Tahap 2, Kanim Sumbawa Besar Temukan Izin Tinggal WNA

“Terima kasih kepada Allah SWT. Terima kasih kepada Pemkot Pasuruan, Pak Wali, Pak Wawali, Kepala Dinas Kominfotik dan semua yang telah menaruh kepercayaan atas karya kami. Semoga karya kami bisa membawa manfaat buat pembangunan dan pengembangan Kota Pasuruan ke depan,” ujar Hidayat pada Senin 26 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Batam Amankan WNA Singapura Ilegal, 3 Tahun Tinggal di Lubuk Baja

Saat itu, Hidayat menulis artikel dengan judul: Menguatkan Brand Bandeng 'Si Bibir Merah' sebagai Kuliner Khas Kota Pasuruan. Dalam paparan artikelnya, Bandeng Jelak menjadi ikon khas Kota Pasuruan. Kuliner tambak ini memiliki kekhasan yang tidak sama dengan  bandeng daerah lain. 

BACA JUGA:KY Kawal Pemecatan Tiga Hakim yang Vonis Bebas Ronald Tannur

Misalnya, tidak bau tanah/lumpur, memiliki cita rasa daging yang gurih dan mantab, durinya juga lembut. Tidak seperti bandeng lainnya yang cenderung dijauhi, karena banyak duri dan tajam.

“Makanya, Bandeng Jelak itu juga banyak disukai anak-anak. Karena durinya lembut dan ukuran badannya relatif kecil. Apalagi, kalau sampai diolah, dicabut durinya, tentu makin bagus lagi,” ucap Iskandar, mantan Sekretaris Dinas Perikanan dan Keluatan Kota Pasuruan yang menjadi salah satu narasumber dalam artikelnya. 

BACA JUGA:Jauhi Narkoba, Manfaatkan Masa Muda dengan Baik karena Tidak akan Terulang Lagi

Bahkan, Iskandar sendiri juga pernah mengangkat tema Bandeng Jelak sebagai program S2 (Tesis) di Universitas Brawijaya Malang. Ia mengambil judul Tesis: “Budidaya Udang Bandeng Sistem Tradisional Plus”.

BACA JUGA:ASN Bisa Disanksi Berat Jika Tidak Netral dalam Pemilukada

Dalam acara yang dikemas menarik EO Jawa Pos Radar Bromo itu, hadir Wakil Wali Kota Mas Adi Wibowo, Sekda Rudianto, Wakil Ketua Komisi Informasi Jawa Timur Elis, Kepala Dinas Kominfotik Imam Subekti dan para OPD lainnya. 

BACA JUGA:Gerindra dan Golkar Sudah Siapkan Rekom Final untuk Paslon Pilwali Surabaya

Acara tersebut juga diselingi penandatangan Deklarasi Keterbukaan informasi publik. “Saya ucapkan selamat buat para juara. Dan terima kasih juga untuk seluruh rekomendasinya kepada Pemkot Pasuruan,” ujar Mas Adi. 

Keenam peserta LKTW yang beruntung mendapatkan hadiah, diantaranya; Muhammad Hidayat dari Memorandum, Amal Taufik dari Warta Bromo dan Emil Akbar dari RRI. Mereka menjadi terbaik pertama hingga ketiga. Kemudian, Fahrizal Firmani dari Jawa Pos Radar Bromo, Muhajir Arifin dari Detik.com serta Adi Atma dari Berita Jatim. Ketiganya meraih juara Harapan I hingga Harapan III.

Kategori :