Pemkab Jember Apresiasi PTPN I Regional 4 Kebun Tembakau Peduli Penurunan Stunting

Senin 26-08-2024,15:09 WIB
Reporter : Edi Winarko
Editor : Fatkhul Aziz

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Kasus sosial dan kesehatan yang masih mejadi tantangan di Indonesia saat ini adalah stunting, dimana adanya gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar (World Healthy Organization, 2015). Percepatan pemberantasan stunting ini menjadi salah satu program prioritas di bawah Wakil Presiden termaktub dalam RPJMN 2020-2024 dengan target nasional pada tahun 2024, prevalensi stunting turun hingga 14%. 

Jember menjadi saksi kepedulian PTPN I Regional 4 sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui program tanggung jawab sosial, dan lingkungan ikut serta mendukung program pemerintah dalam percepatan memberantas stunting. 

BACA JUGA:Pemkab Jember Kembali Gelar Festival Anggrek Sepekan

Melalui Kebun Tembakau yang merupakan salah satu unit usaha miliki PTPN I Regional 4, telah menyelenggarakan penyerahan Bantuan Makanan Tambahan untuk penanganan kasus stunting di Kecamatan Ajung.  Sesuai persetujuan dari Direktur Hubungan Kelembagaan PT Perkebunan Nusantara I. Mengingat jember juga merupakan kabupaten dengan kasus stunting tertinggi di Jawa Timur. 

Penyerahan bantuan di laksanakan di Kantor Kecamatan Ajung, Jember, diserahkan oleh Region Head PTPN I Regional 4 Subagyo dan diterima oleh Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlama (Gus Firjaun). Nilai bantuan sebesar Rp. 79.650.000,- (tujuh puluh sembilan juta enam ratus lima puluh ribu rupiah) yang disalurkan kepada 177 penerima dengan sasaran ibu hamil sejumlah 41 orang dan balita dengan masalah gizi 136 orang. 

BACA JUGA:Pemkab Jember Gelar Penghijauan dan Bersih-bersih Sungai

Turut hadir General Manager Kebun Tembakau Dwi Aprilla Sandi, Jajaran Kepala Bagian PTPN I Regional 4, Dinas Kesehatan, Camat Ajong, Muspika, perwakilan ibu hamil dan anak balita. 

Wabup Jember dalam sambutannya sangat berterima kasih atas kepeduliaan BUMN PTPN I Regional 4 terhadap pemberantasan stunting di Kabupaten Jember. Hal ini tentunya mendukung program kabupaten. 

"Berharap menjadi pemantik untuk semua elemen yang ada di Kabupaten Jember, dalam pemberantasan stunting. Karena penuntasan program kemanusiaan ini perlu dukungan dan bantuan oleh semua pihak," Tuturnya. 

BACA JUGA:Pemkab Jember Gandeng Perdami dan PT Erela Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 60 Pasien

Region Head Subagyo menyampaikan penuh syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama, sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik khususnya kepada seluruh karyawan/ti PTPN I Regional 4 yang ikut serta berbagi dengan berdonasi untuk pemberantasan stunting. 

"Ia mengungkapkan akan mengupayakan kegiatan ini tidak hanya berhenti disini, namun bisa berkelanjutan untuk terus memberikan kebermanfaatan," ungkapnya. 

Dwi Aprilla Sandi Genera Manager Kebun Tembakau juga berterima kasih dan bersyukur menjadi bagian dari program kebaikan ini. Kebun Tembakau juga akan terus mendukung program kebaikan/ tanggung jawab sosial dan lingkungan lainnya untuk membantu dan memberikan manfaat bagi yang membutuhkan," Pungkasnya.

Kategori :