Tekan Angka Backlog Perumahan, Pemkab Tulungagung Gelar Perkim Expo 2024

Jumat 23-08-2024,10:46 WIB
Reporter : Ahmad Rifai
Editor : Fatkhul Aziz

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Perkim Expo 2024 digelar mulai 22 - 24 Agustus 2024 di GOR Lembu Peteng Tulungagung. Pembukaan Perkim Expo 2024 dilaksanakan pada Kamis 22 Agustus 2024 malam.

Sekda Pemkab Tulungagung, Tri Hariyadi bersama Kepala Dinas PU Perkim, Anang Pratistianto, serta perwakilan pengembang perumahan, akademisi, hingga perwakilan sekolah dan masyarakat umum hadir dalam pembukaan tersebut.

Sekda Tri Hariyadi dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan momentum bagi pihaknya untuk menyediakan rumah yang layak huni bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung. Terlebih backlog perumahan di Tulungagung yang menyentuh angka lebih dari 90 ribu unit.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Berikan Penghargaan Satyalencana Karya Satya pada Peringatan HUT ke 79 RI

"Ini adalah momentum bagi kita untuk mewujudkan hunian yang layak bagi masyarakat. Apalagi tema kegiatan ini yang sejalan dengan penyediaan rumah layak bagi masyarakat," ujarnya.

Tri Hariyadi menjelaskan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya angka backlog perumahan di Kabupaten Tulungagung. Seperti tingginya harga tanah, kemudian proses legalisasi perumahan yang kompleks, dan akses bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan rumah layak huni yang minim.

Oleh sebab itu, pihaknya berupaya melakukan sejumlah hal guna menekan angka backlog. Seperti dengan peningkatan kualitas perbaikan rumah tidak layak huni, tercatat 12.789 unit rumah layak huni terbangun hingga tahun 2024 ini.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Bantah Klaim Sejumlah Pulau di Wilayah Kabupaten Trenggalek

Kemudian pihaknya juga sudah menyediakan 112  unit rusunawa bagi masyarakat. Kemudian program pembangunan sejuta rumah. Pemkab juga menggandeng pihak perbankan untuk memudahkan pemberian pinjaman pembangunan perumahan.

Menurut Tri Haryadi, pihaknya juga gencar memberikan sosialisasi bagi masyarakat, termasuk adanya kegiatan Perkim Expo ini.

"Bagi pihak pengembang yang membangun untuk masyarakat berpenghasilan rendah, kami juga memberikan kemudahan proses perijinannya," ucap Sekda.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gelar Pisah Sambut Komandan Kodim 0807

Pihaknya juga mengapresiasi pengembang perumahan di Tulungagung yang terus berupaya menambah jumlah rumah layak huni. Di tahun ini saja, terdapat 1.080 unit rumah baru, sehingga jika ditotal sejak tahun 1993 sampai tahun 2024 sudah ada 140 perumahan di Kabupaten Tulungagung.

"Peran swasta sangat penting, apalagi Apersi yang terus melakukan pembangunan perumahan sampai tahun 2024 ini. Total ada 140 perumahan dan siap huni 1.080 unit, sehingga lebih efektif dan efisien apalagi perbankan juga turut serta dalam hal pemberian kredit ringan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Perkim Kabupaten Tulungagung, Anang Pratistianto mengatakan, Perkim Expo 2024 juga diselenggarakan guna memperingati hari perumahan nasional yang jatuh pada tanggal 25 Agustus, sekaligus memeriahkan HUT RI ke 79.

Kategori :