Kakanwil Kumham Maluku Dorong WBP LPP Ambon Jadi Lebih Baik Melalui Pramuka

Kamis 22-08-2024,16:22 WIB
Reporter : Sujatmiko
Editor : Ferry Ardi Setiawan

AMBON, MEMORANDUM.CO.ID - Kakanwil Kemenkumham Provinsi Maluku Hendro Tri Prasetyo meyakini bahwa pembinaan karakter melalui kepramukaan dapat mengubah hidup para warga binaan pemasyarakatan (WBP). 

BACA JUGA:Kumham Maluku Dukung Implementasi Kerja Layak sebagai Bentuk Penguatan Strategi Nasional Bisnis dan HAM

Keyakinan ini Hendro Tri Prasetyo sampaikan saat membuka kegiatan pembinaan kepribadian kepramukaan sekaligus kegiatan penggeledahan kamar/blok hunian dan tes urine terhadap tahanan, narapidana, dan anak di Lapas Perempuan Kelas III Ambon, Kamis 22 Agustus 2024.

BACA JUGA:Diseminasi Kekayaan Intelektual Lainnya, Tingkatkan Kapasitas Pengelola KI di Wilayah Maluku

"Pramuka bukan hanya sekadar kegiatan rekreasi, tetapi juga sarana untuk membentuk pribadi yang tangguh, disiplin, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi," ujar Hendro.

BACA JUGA:Peringati HUT RI Ke-79 serta Hari Pengayoman Ke-79, Kemenkumham Maluku Laksanakan Doa dan Dzikir Bersama

Kegiatan yang diikuti oleh 9 orang warga binaan ini meliputi latihan baris-berbaris, tali-temali, dan diskusi kelompok. Melalui kegiatan ini, diharapkan  dapat mengembangkan potensi diri, meningkatkan percaya diri, dan belajar hidup mandiri.

BACA JUGA:Audiensi bersama Pj Gubernur, Kakanwil Kemenkumham Maluku Bahas Remisi dan Layanan Kesehatan Lapas

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Lapas Perempuan Kelas III Ambon, Ketua Kwartir Ranting Baguala, yang mewakili Kepala BNN Provinsi Maluku, yang mewakili Kapolsek Sektor Baguala, yang mewakili Danramil 1540-01/Baguala, Pejabat Struktural lingkup Lapas Perempuan Kelas III Ambon, Seluruh pegawai serta Warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Ambon.

BACA JUGA:Pererat Kerja Sama dengan Unpatti, Kakanwil Kemenkumham Maluku Support Layanan Easy Passport

Lebih lanjut,  Hendro Tri Prasetyo juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dirinya menyebut Lapas Perempuan benar-benar telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai UPT pemasyarakatan yang terus berinovasi dalam memenuhi hak-hak warga binaan, yaitu mendapatkan pendidikan dan pengajaran kepramukaan, yang melibatkan pengembangan potensi diri secara psikologis, kejiwaan dan fisik, serta pengembangan akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup.

BACA JUGA:Lepas Wisudawan Purnabhakti Pengayoman, Kakanwil Hendro: Terima Kasih Atas Dedikasi Bagi Kemenkumham Maluku

“Saya juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pengeledahan dan tes urine terhadap tahanan dan narapidana, sebagai bentuk cara aksi pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba (P4GN),” Jelas kakanwil.

BACA JUGA:Hebat! 3 Bulan, 12 Satker Kemenkumham Maluku Borong Penghargaan Kinerja Keuangan

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk deteksi dini diri terhadap resiko gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas Perempuan Ambon.

Kategori :