TMMD Upaya TNI Mendukung Ketahanan Pangan

Kamis 22-08-2024,12:51 WIB
Reporter : Herry Sunaryo
Editor : Fatkhul Aziz

SUMENEP, MEMORANDUM.CO.ID - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 121 yang dilaksanakan oleh Kodim 0827/Sumenep merupakan salah satu bentuk dukungan TNI AD terhadap upaya ketahanan pangan yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

Pada TMMD 121 di Pulau Kangean, satgas di lapangan ikut membantu petani dalam menanam padi di Desa Jukong-Jukong Kecamatan Arjasa. Sasaran tambahan ini juga  dilaksanakan di beberapa lahan pertanian padi wilayah daratan.

Tidak hanya itu, Dansatgas TMMD 121 Kodim 0827/Sumenep Letkol Inf Yoyok Wahyudi mengatakan, pihaknya juga memberikan puluhan mesin pompa hidrogen kepada petani.

BACA JUGA:Program TMMD 121 Tuntas 100 Persen

"Meskipun musim kemarau, dengan adanya bantuan pompa air semoga masalah kekeringan dapat diatasi sehingga petani bisa mengolah lahan tanam padi," harapnya.

Sementara itu, Kapoksahli Pangdam V/Brawijaya Brigjen TNI Ramli mengatakan, melalui Kementerian Pertanian saat ini negara sedang gencar untuk berusaha swasembada pangan.

"Tahun lalu Jawa Timur menyumbang 17 persen pangan nasional. Pj Gubernur Jatim berharap tahun 2024 ini bisa sampai 30 persen. Kami TNI sedang berusaha membantu masyarakat terkait dengan program ketahanan pangan," ujarnya.

BACA JUGA:Kapoksahli Pangdam V/Brawijaya: Ini Baru TMMD yang Sebenarnya

Brigjen TNI Ramli berharap dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan dan pertanian melalui TMMD, bisa memperlancar kegiatan petani untuk melaksanakan panen di segala cuaca.

Kategori :