Di Tengah El Nino, Petani Sidokumpul Berhasil Panen Raya Padi

Selasa 20-08-2024,16:31 WIB
Reporter : Syaiful Anam
Editor : Ferry Ardi Setiawan

LAMONGAN, MEMORANDUM.CO.ID - Petani di Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Lamongan, berhasil melakukan panen raya padi di musim tanam kedua tahun 2024, Selasa 20 Agustus 2024.

BACA JUGA:Panen Raya Padi, Lamongan Perkuat Ketahanan Pangan

Hadir untuk melakukan panen raya secara langsung di Kelurahan Sidokumpul, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberikan apresiasi kepada seluruh petani yang berhasil panen padi di tengah El Nino.

BACA JUGA:PJ Wali Kota Malang Roadshow ke OPD

"Luar biasa petani di Sidokumpul karena berhasil panen dan produktivitasnya meningkat," tutur bupati yang akrab disapa Pak Yes ini.

BACA JUGA:Momentum Hari Juang Polri, Polisi Didorong Terus Berinovasi dan Bertransformasi

Dijelaskan oleh Ketua Gapoktan Dharmasari Nasikan, keberhasilan panen musim tanam kedua ini didukung pengerukan Sungai Dapur. Yang mana diinisiasi Dinas PU Sumber Daya Air dan swadaya petani di Sidokumpul.

BACA JUGA:Aksi Bersih Pantai Kutang Lamongan Warnai Peringatan Hari Lingkungan Hidup

Sehingga dengan pengerukan Sungai Dapur sepanjang 2 km, dapat mengurangi sedimentasi di sana. Dan lebih utamanya mampu menyiapkan ketersediaan air untuk pertanian di wilayah Sidokumpul.

BACA JUGA:Sering Dibentak, Pemuda Tuban Aniaya Pacar, Berujung ke Pengadilan

"Yang menjadi kendala petani di Sidokumpul adalah ketersediaan air. Namun  petani ada inisiatif untuk mengeruk Sungai Dapur, yang mana didampingi Dinas PU SDA Kabupaten Lamongan. Sehingga air dari Sungai Dapur bisa masuk ke lahan petani," jelas Nasikan.

BACA JUGA:Operasi Mantap Praja Semeru di Lamongan Siap Mengawal Pilkada 2024

Selanjutnya, Naikkan menjelaskan bahwa hingga hari ini sudah ada 40 hektare sawah yang sudah melakukan panen. Dengan provitas 81 ton per hektarenya.

BACA JUGA:Gelar Sarasehan Nasional, Penghayat Kepercayaan Komitmen Tingkatkan Ketahanan Budaya, Sosial dan Ekologi

"Panen raya hari ini bersamaan, dan akan berlangsung hingga 29 Agustus nanti," jelas Nasikan.

Kategori :