Pelan tapi Pasti, Cabup Abah Gunawan Siap Menuju Kontestasi Pilkada Kabupaten Malang

Jumat 16-08-2024,08:21 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Muhammad Ridho

MALANG, MEMORANDUM - Perlahan tapi pasti, langkah bakal calon Bupati H. Gunawan HS dalam menapaki jalan menuju kontestasi politik Kabupaten Malang 2024 mulai terbuka. Dua partai politik, Demokrat dan Hanura, secara mengejutkan telah resmi memberikan rekomendasi kepada Abah Gun, sapaan akrab Gunawan.

Tidak hanya itu, nama bakal calon Wakil Bupati yang mendampingi Abah Gun bahkan sudah diketahui publik, yaitu dokter Umar Usman. Turunnya rekomendasi kepada Abah Gun ini tentu membuat geger dan merubah peta perpolitikan di Kabupaten Malang.

BACA JUGA:Demokrat-Hanura Resmi Merapat ke Pasangan Abah Gun dan Dokter Umar

Abah Gun pun tidak lupa untuk menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar partai Demokrat dan Hanura, khususnya kepada Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono serta Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, yang sudah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Malang. 

"Saya berterima kasih kepada Hanura dan Demokrat, yang sudah memberi kepercayaan saya dan dokter Umar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Malang. Tentunya kepercayaan yang besar ini akan saya laporkan kepada Ibu Ketua Umum melalui DPP PDI Perjuangan, sebagai bentuk pertanggungjawaban atas instruksi yang diberikan kepada saya selaku kader PDI Perjuangan guna membangun komunikasi dengan seluruh kekuatan partai politik di luar PDI Perjuangan," kata Abah Gun, Jumat 16 Agustus 2024

Setelah resmi mengantongi rekomendasi dari Demokrat serta Hanura, kabar yang berkembang menyebutkan jika pekan depan Abah Gun akan kembali mengambil surat rekomendasi di Jakarta. Ditanya soal partai mana yang akan memberikan rekomendasi kepada dirinya, Abah Gun hanya menjawab singkat.

"Minggu depan nanti ditunggu saja," ucap penasehat Jamaah Maiyah Malang Raya ini.

BACA JUGA:Pileg 2024, Partai Demokrat Kabupaten Malang Kembalikan Kejayaan

Seraya dengan Abah Gun, dokter Umar juga menyampaikan apresiasi kepada Demokrat serta Hanura yang sudah memberikan rekomendasi kepada Abah Gun dan dirinya.

"Saya berterima kasih kepada Mas AHY dan Pak OSO yang telah memberi kepercayaan kepada kami berdua, melalui partai Demokrat dan Hanura, memberikan rekomemdasi sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang. Untuk masyarakat Kabupaten Malang, mohon doa barokahnya, semoga jalan perjuangan yang akan saya jalani dengan Abah Gunawan dalam mewujudkan cita-cita bersama menuju kebaikan dan kehidupan yang mensejahterakan masyarakat Kabupaten Malang mendapat ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa," ujar dokter Umar.

Lebih jauh, Abah Gun dan dokter Umar masih membutuhkan sokongan dari partai politik lain selain Demokrat serta Hanura untuk memenuhi ambang batas minimal sebagai salah satu syarat mengikuti Pilkada.

BACA JUGA:Partai Demokrat Beri Bantuan Korban Tragedi Kanjuruhan

Sebagai informasi, dari 8 partai politik yang mendapat jatah kursi legislatif, baru tiga partai saja yang secara resmi mengeluarkan rekomendasi. PKB sudah menurunkan rekomendasi kepada pasangan calon HM Sanusi dan Lathifah Shohib. Kemudian disusul Demokrat dan Hanura yang memberikan rekomendasi kepada Abah Gun dan dokter Umar.

Sanusi dan Lathifah yang direkomendasi PKB telah memiliki modal 11 kursi. Sementara Abah Gun dan dokter bermodalkan 2 kursi, masing-masing satu kursi dari Demokrat serta Hanura.

Melihat kondisi tersebut, masih ada lima partai yang belum menyatakan sikap secara resmi. Diantaranya, PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, NasDem, dan PKS.

Kategori :