Hormati Pejuang, Pj Wali Kota Batu Silaturahmi dengan Veteran

Kamis 15-08-2024,10:32 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Fatkhul Aziz

BATU, MEMORANDUM - Bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke 63, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melaksanakan kunjungan ke beberapa rumah veteran dan janda veteran di Desa Tulungrejo, Rumah Veteran di Kelurahan Sisir dan Desa Junrejo, Kota Batu, Rabu 14 Agustus 2024.

"Untuk memantik generasi muda Kota Batu dalam menghormati jasa-jasa pejuang kemerdekaan Republik Indonesia salah satunya dengan memperhatikan para Veteran yang kini telah berusia lanjut."Terang Pj Aries.

Menurutnya, Kegiatan seperti ini wajib dilakukan oleh generasi penerus di Kota Batu agar mengetahui makna apa yang diperjuangkan oleh para perebut kemerdekaan. 

"Selain itu, dengan melihat secara langsung kondisi para Veteran bisa mengetahui kondisi kesehatan mereka sekaligus memberikan support dan bantuan terhadap para perjuangan para veteran," kata Pj. Aries.

BACA JUGA:Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkot Batu dan DPRD Sepakati Perubahan APBD

Saat Melakukan kunjungan ke rumah veteran dan janda veteran, banyak cerita yang disampaikan kepada Pj. Aries terkait kehidupan sehari-harinya. Ada yang bercerita tentang perjuangan masa lalu, dan kehidupan setelah purna tugas dan menjalani hari tua di Kota Batu.

Sehingga, Pj. Aries merasa terharu mendengar cerita janda veteran Ny. Mulyadi yang baru saja ditinggal 40 hari almarhum suami dan melanjutkan hidupnya dengan berjuang menghidupi dirinya sendiri dengan berjualan krupuk di Pasar Induk Among Tani.

"Adapula suami istri veteran yang harus mengontrak dekat dengan rumah sakit karena harus kontrol 3 kali dalam sebulan."Pungkasnya.

Pj. Aries langsung memerintahkan Kepala Dinas Sosial agar sering turun ke lapangan dan lebih memperhatikan pejuang dan beteran termasuk memberikan fasilitas antar jemput untuk kontrol ke rumah sakit dan bantuan permakanan bagi veteran yang masih penuh keterbatasan.

BACA JUGA:Tingkatkan Penerapan ETPD, Bank Jatim Bersama Pemkot Batu Launching KKPD

"Saatnya kita yang memberikan perhatian kepada para pejuang kemerdekaan, veteran karena ini tugas kita bersama pelanjut generasi bangsa. Tidak boleh kita biarkan mereka mengalami kesusahan," tegas Pj. Aries.

Selanjutnya, Pj. Aries mengunjungi rumah Bapak Mohammad Saleh (95 Tahun) Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Ny Mulyadi, dan Ny Fatiman Sujono (Janda Veteran) di Rumah Veteran Jalan Sultan Hasan Halim Kelurahan Sisir, dan Veteran Bapak Supakim (98 Tahun) warga Kelurahan Sisir, yang berdomisili di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo.

Dalam Giat ini, Pj. Wali Kota Batu didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Sosial, Kepala Bakesbangpol, Camat Bumiaji, Camat Batu, Camat Junrejo, Kepala Desa Junrejo, Kepala Desa Tulungrejo, dan Ketua LVRI Kota Batu. (Nik)

Kategori :