Resmikan TMC Polresta Malang Kota, Korlantas: Langkah Maju dalam Manajemen Lalu Lintas

Rabu 14-08-2024,22:14 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MALANG, MEMORANDUM - Korlantas Polri meresmikan traffic management center (TMC) Polresta Malang Kota, serta pelatihan langsung enam operatornya. 

Ditandai kunjungan Kasubagdalops Bagops Korlantas Polri AKBP Renaldi Oktavian, didampingi Wakapolresta Malang Kota AKBP Adhitya Panji Anom.

BACA JUGA:Pj Bupati Lumajang Hadir dalam Perkenalan IKN: Presiden Jokowi Berikan Arahan Kepala Daerah

Dengan diresmikannya TMC, Polresta Malang Kota kini memiliki pusat pengawasan lalu lintas yang lebih canggih dan terintegrasi. 

Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Aristianto Budi Sutrisno menjelaskan, sistem monitoring perkembangan lalu lintas di Kota Malang mengalami peningkatan yang signifikan.

BACA JUGA:Polrestabes Surabaya Gelar Sispamkota di KPU, Antisipasi Potensi Kerawanan

"Satlantas Polresta Malang Kota mendapat bantuan penambahan infrastruktur, 10 CCTV, di antaranya 3 electronic traffic law enforcement (E-TLE), dan 4 kamera analitik. Ini untuk memantau kondisi lalu lintas secara real-time. Mendeteksi pelanggaran lalu lintas, dan menganalisis volume kendaraan yang melintas,"  terang Kasatlantas Kompol Aristianto Budi Sutrisno, Rabu 14 Agustus 2024.

BACA JUGA:Perkuat Peran Daerah Dalam Peningkatan Pelayanan Kekayaan Intelektual yang Berkelanjutan

CCTV TMC Polresta Malang Kota, tidak hanya terhubung dengan Korlantas Polri, tetapi terintegrasi dengan 300 CCTV milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang.

BACA JUGA:Komplotan Begal Beraksi di Balai Kota Surabaya, Ancam Celurit Petugas Kebersihan Rampas Beat

"Hal ini memungkinkan pengawasan lalu lintas yang lebih komprehensif di seluruh wilayah Kota Malang,” lanjutnya.

Sementara pendirian TMC Polresta Malang Kota memiliki beberapa tujuan utama. Untuk meningkatan keamanan, keselamatan, ketertiban kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

BACA JUGA:KPK Geledah Rumah Tan Pauli di Surabaya

"Dengan pemantauan yang lebih baik, TMC dapat membantu mencegah terjadinya kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan tindak kejahatan di jalan raya, khususnya di Kota Malang hingga perbatasan," pungkasnya. (*)

Kategori :