Kreatif, Warga Perumahan De Naila Village Gresik Gelar Lomba Makan Telur dan Susu Cegah Stunting

Senin 12-08-2024,15:25 WIB
Reporter : Faisal Danny
Editor : Fatkhul Aziz

GRESIK, MEMORANDUM - RT 17 RW 14 Perumahan De Naila Village  Gresik menggelar berbagai lomba dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia (RI). Salah satunya, lomba makan telur dan minum susu.

Ketua RT 17, Muhammad Ardiansyah Fajar mengatakan, lomba makan telur dan minum susu ini sebagai bentuk gerakan cegah stunting secara swadaya di level masyarakat. Peserta yang diikutkan seluruh anak-anak, mulai usia Batita, Balita hingga sekolah dasar.

"Karena stunting jadi atensi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Kami tidak ingin stunting itu ada di lingkungan sini, kampanye itu pun turut kami lakukan secara swadaya melalui lomba agustusan yang kami gelar akhir pekan lalu," ujarnya, Senin 12 Agustus 2024.

"Kami berharap prevalensi stunting di Jatim terus turun. Sehingga anak-anak dengan gizi yang cukup ini bisa menjadi generasi penerus bangsa yang unggul," tambahnya.

BACA JUGA:Merangkai Buket, Salah Satu Lomba Agustusan di RW XI

Diketahui prevalensi stunting di Jawa Timur (Jatim) terus mengalami penurunan tiap tahunnya. Dimana tahun 2022, angka prevalensi stunting Jatim sebesar 19,2 persen, dan tahun 2023 turun menjadi 17,7 persen. Tahun 2024 ini ditargetkan turun hingga 14 persen.

Selain itu, juga ada beberapa lomba ketangkasan yang membuat suasana kemerdekaan di RT 17 kian meriah. Lomba itu antara lain, balap kardus, adu tiup gelas, balap kelereng, memindahkan karet dengan sedotan, makan kerupuk hingga memasukkan paku ke dalam botol.

Wakil Ketua RT 17, Ferdinandus Tapung menambahkan, para warga juga diajak kerja bakti bersama menghias lingkungan pada awal Agustus lalu. Semuanya diajak memasang umbul-umbul serba merah putih, mengecat jalan dan membersihkan lingkungan sekitar.

"Suasana gotong royong dan kekompakkan ditunjukkan warga di sini. Semuanya sangat antusias menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun," ungkap dia.(fdn)

Kategori :