UMKM Wisata Kota Lama Surabaya Pasang Foto Presiden dan Lambang Negara, Pengunjung: Patut Diacungi Jempol

Senin 12-08-2024,13:56 WIB
Reporter : Alif Bintang
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM - Ada sesuatu yang menarik di dalam kawasan Wisata Kota Lama Surabaya. Salah satu stan UMKM yang berdagang di pinggiran Jalan Jembatan Merah memasang foto pemimpin dan lambang negara Indonesia.

Foto Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin itu dipasang di antara Garuda Pancasila. Layout-nya persis seperti di kantor pejabat atau lembaga pemerintahan. Bedanya yang ini terpasang di stan UMKM. Pelaku usaha yang punya ide semacam ini sangat jarang ditemui.

Pelakunya adalah Eric, pemilik Angkringan Baladewa. Dari total 10 stan, hanya stan milik Eric yang menampilkan foto presiden dan Garuda Pancasila. Warga Krembangan ini sengaja memasang foto pemimpin dan lambang negara di stan miliknya. Tujuannya untuk menumbuhkan jiwa patriotisme.

"Alasan yang pertama adalah karena kebanggaan. Kedua, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan. Lalu yang tidak kalah penting adalah untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak muda terhadap tanah air Indonesia," ucap Eric ditemui, Senin, 12 Agustus 2024.

BACA JUGA:Belasan Remaja Berstatus Pelajar SMP-SMA Terjaring Pesta Miras di Kawasan Kota Lama dan Jembatan Suramadu

Pria berkumis ini mengaku sedih. Sebab, di era digitalisasi nilai-nilai patriotisme di kalangan gen-Z mulai luntur. Banyak generasi muda yang tak paham makna Pancasila. Mereka hanyut dalam gempuran sosial media.

"Budaya yang ada di TikTok, Instagram, dan lain sebagainya itu melunturkan nilai-nilai luhur kebangsaan. Karena itu, saya berharap dengan memasang ini bisa sedikit menumbuhkan perasaan cinta, bangga, dan semangat patriotisme di setiap jiwa anak muda," seru pria yang karib disapa Cak Eric ini.

Meski demikian, Eric mengaku dengan dipasangnya foto presiden dan lambang Garuda Pancasila itu dapat mendatangkan pengunjung yang berlimpah. Dia merasa bahwa setiap hari pengunjung yang makan di tempatnya selalu bertambah.

"Alhamdulillah ngerezekeni (mendatangkan rezeki). Mudah-mudahan terus seperti ini supaya saya cepat naik haji," harap Eric.

BACA JUGA:1500 Pemuda Surabaya Ikuti Piala Walikota E-Sport di Kota Lama

Sementara itu, Dhani salah satu pengunjung stan Angkringan Baladewa mengaku terkejut sekaligus haru. Pasalnya, dari belasan stan hanya stan milik Eric yang memasang foto pemimpin dan lambang negara.

"Pemilik stan Angkringan Baladewa patut diacungi jempol. Tidak banyak pelaku usaha yang memasang foto presiden maupun lambang negara Garuda Pancasila. Cak Eric ini panutan dan mungkin saja cocok jadi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)," seloroh Dhani.(bin)

Kategori :