Pagesangan dan Banjar Sugihan Raih ProKlim Lestari Kementerian LHK

Minggu 11-08-2024,20:47 WIB
Reporter : Muchlis Darmawan
Editor : Ferry Ardi Setiawan

Tidak hanya itu, Kelurahan Pagesangan bahkan telah menjadi laboratorium pengelolaan lingkungan. Kampung ini sering menjadi tujuan studi banding bagi siswa, mahasiswa, dan masyarakat yang ingin belajar tentang IPAL dan pengelolaan sampah.

Inovasi lain di Pagesangan adalah kolam retensi yang multifungsi. Selain sebagai resapan air dan pencegah banjir, kolam ini juga dijadikan tempat memancing oleh warga setempat. "Kolam ini tidak hanya berfungsi ekologis, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi warga sekitar," tambah Dedik.

BACA JUGA:16 Gangster Bercelurit Ditangkap

Dedik menambahkan bahwa pemerintah kota berharap ke depan jumlah kampung ProKlim Lestari Surabaya bisa terus bertambah. "Terhadap 23 kampung yang sudah mendapatkan penghargaan kami harapkan bisa menularkan ke kampung-kampung yang lain dan diharapkan juga bisa berkelanjutan serta meningkatkan lagi inovasinya," tutupnya. 

BACA JUGA:Patroli Intensif Jelang Pilkada, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Sementara itu, Lurah Pagesangan Yudi Kurniawan mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan. 

“Alhamdulillah syukur pada Tuhan, Kelurahan Pagesangan mendapatkan penghargaan sebagai Kampung ProKlim Lestari dari KLHK yang mana ini adalah wujud kepedulian warga yang sangat tinggi secara bersama-sama mengelola lingkungannya dengan berbagai inovasi untuk mengurangi dampak rumah kaca guna memperbaikki bumi kita,” ungkapnya didampingi Ketua Tim Kampung ProKlim Pagesangan Hamy Wahyunianto dan Ketua LPMK serta Koordinator KSH seusai menerima penghargaan.

Yudi berharap bersama jajaran RT, RW, LPMK, dan seluruh warga tetap bergerak untuk mengajak generasi penerus (pemuda) kita berkelanjutan mengembangkan, menjaga, dan mencintai lingkungan.

BACA JUGA:Pleno DPD Golkar Surabaya Usulkan Arif Fathoni Duduki Kursi Pimpinan Dewan

"Cintai alam dan teruskan menjaga lingkungan. Siapkan warisan terbaik untuk generasi kita nanti," pungkasnya. (*)

Kategori :