Bupati Lamongan Dianugerahi Inspiration Leadership di Bidang Pembangunan SDM Berkualitas

Sabtu 03-08-2024,13:55 WIB
Reporter : Biro Lamongan
Editor : Muhammad Ridho

LAMONGAN, MEMORANDUM -Jejak langkah tiga tahun kepemimpinan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dianugerahi penghargaan dengan kategori inspiration leadership atau kepemimpinan inspiratif di bidang pembangunan manusia.

Bupati yang akrab disapa Pak Yes ini berkesempatan menerima secara langsung anugerah yang diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam kegiatan Jawa Pos Radar Bojonegoro Award 2024, di Aston Hotel Bojonegoro, Jumat 2 Agustus 2024.

Salah satu faktor pendukung, penghargaan ini ialah keberhasilan orang nomor satu di Kota Soto dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Tercatat pada tahun 2021 angka IPM Kabupaten Lamongan menduduki 73,12, angka tersebut berhasil meningkatkan menjadi 75,02 di tahun 2022, dan kembali mengalami peningkatan pada tahun 2023 yakni 74,53.

BACA JUGA:Penghargaan IBangga Award 2024 Diraih Lamongan

BACA JUGA:Lamongan Masuk Lima Besar Ibangga Award 2024

Secara umum, IPM menjadi ukuran keberhasilan pembangunan kualitas hidup manusia. Yangmana diukur dadi kualitas pendidikan, kesehatan, dan peningkatan daya beli.

Menurut Pak Yes, capaian angka IPM Kabupaten Lamongan yang masuk kategori tinggi merupakan hasil dari komitmen dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Hal tersebut tertuang dalam misi nomor dua dalam pembangunan Lamongan 2021-2026, yang berbunyi

"Mencetak SDM unggul, berdaya saing dan berakhlak yang responsif terhadap perubahan zaman".ujarnya

"Alhamdulillah kerja keras kami dalam mewujudkan komitmen pembangunan sumber daya manusia yang unggul mendapatkan anugerah. Itu menandakan usaha kita nyata," tutur Pak Yes usai menerima penghargaan.

BACA JUGA:Komitmen Bangun Ketahanan Keluarga, Lamongan Raih Juara 1 iBangga Award

BACA JUGA:Lamongan Masuk 5 Besar iBangga Awards Jatim 2023

Dijelaskan oleh Pak Yes, upaya membangun sumber daya manusia berkualitas di Kabupaten Lamongan salah satunya diwujudkan dengan program prioritas pendidikan terintegrasi dan gratis (Perintis).

Didalam perintis terdapat beasiswa untuk siswa dari keluarga kurang sejahtera dan berprestasi. Hadirnya program prioritas Perintis memang ditujukan untuk memudahkan akses pendidikan dan fasilitasi pendidikan.

"Upaya Pemkab Lamongan dalam menciptakan generasi unggul melalui program Perintis tidak hanya ditujukan untuk siswa saja. Melainkan merata, mulai dari mengasah kompetensi pengajar, fasilitas sarana dan prasarana dan lainnya. Dalam tiga tahun ini beasiswa yang sudah kami salurkan ada 18 ribu (kategori SD hingga S2)," jelas Pak Yes.

BACA JUGA:Program Beasiswa di Lamongan dengan Awardee Perintis

Tags :
Kategori :

Terkait