Satgas TMMD Bangun Septic Tank Standar Kesehatan di RTLH Masiya

Rabu 31-07-2024,10:42 WIB
Reporter : Biro Madura
Editor : Fatkhul Aziz

SUMENEP, MEMORANDUM - Satgas TMMD ke 121 Kodim 0827/Sumenep, membuat septic tank yang sesuai standar kesehatan untuk rumah warga yang direnovasi.

Rehab RTLH milik Masiya berlokasi di Dusun Tembang, Desa Buddi, Kecamatan Arjasa, Kepulauan Kangean.

"Keberadaan septic tank ini menjadi sangat penting dalam pembangunan rumah, jadi dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam mengerjakannya," kata anggota Satgas TMMD Serda Feri Setiawan. Rabu 31 Juli 2024.

Dikatakan, rehab RTLH yang dilakukan bukan sekadar memperbaiki rumah yang rusak, namun bisa dibilang membangun kembali rumah tersebut.

BACA JUGA:Satgas TMMD 121 Bersama Warga Lanjutkan Aksi Membersihkan Area Pasca Perehaban Masjid Darussalam

Jadi, Satgas bukan hanya membangun rumah yang layak huni, namun juga membuat sanitasi yang awalnya sangat memprihatinkan serta jauh dari standar kesehatan.

"Septic tank standar kesehatan sangat dianjurkan, demi kenyamanan pemilik rumah," ucap Serda Feri Setiawan

Serda Feri menegaskan, pembuangan tinja perlu mendapat perhatian khusus, karena merupakan satu bahan buangan yang banyak mendatangkan masalah dalam bidang kesehatan dan sebagai media bibit penyakit, seperti diare, typhus, muntaber, disentri dan gatal-gatal.

Selain itu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air dan bau busuk serta estetika.

"Kami juga mengedukasi masyarakat setempat, agar pembangunan toilet atau kamar mandi benar-benar diperhatikan dan tidak lagi buang air ke laut atau sungai," tuturnya.(*)

Kategori :