Juara untuk Kedua Kali, Erick Thohir: Penantian Timnas U-19 Usai 11 Tahun

Selasa 30-07-2024,11:22 WIB
Reporter : Farid Al Jufri
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM - Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih gelar juara Asean U-19 Boys Championship 2024 usai penantian 11 tahun. Gelar kedua Garuda Muda ini kembali terjadi di Jawa Timur usai di tahun 2013 juara di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. 

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo pada Senin 29 Juli 2024, pukul 19:30. Indonesia berhasil menang tipis 1-0 atas Thailand berkat gol Jenas Raven menit ke-18. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa ini merupakan penantian bangsa selama 11 tahun. Dan kebetulan dalam edisi pertama format baru bernama Asean Boys U-19 Championship, tumnas berhasil meraih gelar juara. 

"AFF U -19 yang ini kebetulan edisi pertama dengan nama Asean U-19 Boys Championship. Jadi ini luar biasa dan saya senang kemarin U-16 kita di Asean juga paling tidak bisa masuk final cuma bolong dan u-19 yang juara," kata Erick Thohir.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Juara Asean U-19 Boys Championship 2024

"Jadi kita kembali punya talenta-talenta yang bisa perkuat tim nasional kita kedepan. Mudah-mudahan ini sebagai bagian dimana sepak bola itu dibangun dari bawah tidak hanya dari atas," imbuhnya. 

Melihat di tahun 2013 saat timnas menjadi juara, tampak Garida Muda memiki talenta yang menjanjikan, namun semakin berjalannya waktu, justru banyak yang menghikang karena kalah bersaing. 

Untuk memastikan agar talenta mereka tidak menghilang, PSSI memastikan bahwa semua tim ini punya program jangka menengah dan panjang. Jadi bukan program kagetan. 

"Jadi kita lihat misalnya di U-17 kita, ini ada training camp lagi. Nanti U-20 kita akan ada pertandingan di luar negeri lagi dengan benerapa negara jadi kita terus lakukan itu," tuturnya. 

BACA JUGA:Indonesia Juara Piala ASEAN U-19 Boys Championship 2024, Ini Apresiasi Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono

Kemudian untuk membangun sepakbola tidak bisa setengah-setengah kalau mau full atau habis-habisan. Jika setengah-setengah maka tidak akan ada hasil yang memuaskan. 

"Saya senang dengan dukungan pemerintah, dan kemarin alhamdulillah pak prabowo bertemu presiden FIFA punya komitmen yang sama ketika pak Jokowi membangun tim sepakbola dan pak prabowo memastikan ini berkelanjutan," pungkasnya. (rid)

Kategori :