Tahu Tek Surabaya, Kuliner Legendaris yang Tak Lekang oleh Waktu

Selasa 30-07-2024,07:07 WIB
Reporter : Aldi Fakhrudin
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM - Tahu tek, salah satu kuliner khas Surabaya yang begitu populer dan digemari oleh banyak orang.

Perpaduan unik antara tahu goreng, lontong, telur dadar, tauge, dan bumbu petis yang khas membuat hidangan ini begitu menggugah selera.

Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan.

Sejarah Singkat Tahu Tek

Asal-usul tahu tek sebenarnya masih simpang siur. Namun, banyak yang percaya bahwa tahu tek berasal dari Surabaya dan sudah ada sejak zaman dahulu. Nama "tahu tek" sendiri konon berasal dari suara "tek" ketika tahu digoreng.

Keunikan Tahu Tek Surabaya

- Bumbu Petis: Salah satu kunci kelezatan tahu tek adalah bumbu petisnya. Bumbu petis yang terbuat dari udang fermentasi ini memberikan cita rasa khas yang gurih dan sedikit asam.

- Topping Beragam: Selain tahu, lontong, dan telur, tahu tek juga bisa ditambahkan topping lain seperti kentang, mie kuning, atau kerupuk.

BACA JUGA:Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya yang Murah dan Cocok Untuk Kamu Pecinta Bumbu Kacang

BACA JUGA:Rujak Cingur: Kuliner Khas Surabaya yang Kaya Rasa 


- Cara Penyajian: Tahu tek biasanya disajikan dalam mangkuk atau piring. Semua bahan kemudian disiram dengan bumbu petis yang melimpah.

Rekomendasi Tempat Menikmati Tahu Tek di Surabaya

Surabaya memiliki banyak sekali tempat yang menyajikan tahu tek dengan cita rasa yang khas. Beberapa di antaranya yang cukup terkenal adalah:

- Tahu Tek Pak Jayen: Salah satu yang paling populer dan sering dijadikan rujukan bagi para pencinta tahu tek. arus ekstra sabar demi mencicipi tahu teknya yang legendaris. Cobalah datang saat sore hari supaya gak terlalu ramai, ya!

Lokasi: Jalan Dharmahusada Nomor 112, Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Jam operasional: 16.00-00.00 WIB

- Tahu Tek Pak Ndut: Terkenal dengan bumbunya yang melimpah dan rasanya yang autentik. Lokasi: Jalan Manyar Rejo I Nomor 2, Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Jam operasional: 17.00-22.00 WIB (Senin-Sabtu).


- Tahu Teck-Teck Pak H. Ali: Memiliki sejarah panjang dan cita rasa yang khas dengan bumbu petis yang kental. Lokasi: Jalan Dinoyo Nomor 147, Kelurahan Keputran, Kecamatan Tegalsari, Surabaya. Jam operasional: 10.00-01.00 WIB (Senin-Kamis, Sabtu-Minggu), 16.00-01.00 WIB (Jumat).

- Tahu Tek Lauhan: Terkenal dengan porsi yang banyak dan harganya yang terjangkau. Lokasi: Jalan Rungkut Mejoyo Utara, Kelurahan Kali Rungkut, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Jam operasional: 18.00-22.00 WIB.

Tahu tek bukan hanya sekedar makanan, tetapi juga menjadi bagian dari identitas kuliner Surabaya. Banyak wisatawan yang datang ke Surabaya menjadikan tahu tek sebagai salah satu tujuan kuliner wajib.

Dengan cita rasa yang khas dan harganya yang terjangkau, tahu tek berhasil memikat hati banyak orang.(*)

Kategori :