12 Mahasiswa KKN Unej Optimalisasi Potensi Desa Kebonagung Sukodono dengan Pemberdayaan UMKM

Jumat 26-07-2024,22:21 WIB
Reporter : Biro Lumajang
Editor : Ferry Ardi Setiawan

LUMAJANG, MEMORANDUM - Mahasiswa KKN Universitas Jember (Unej) kelompok 269 di Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, melakukan kegiatan yang berfokus pada optimalisasi potensi lokal. 

BACA JUGA:Kabupaten Madiun Dapat Rp 59 Miliar Proyek Inpres Jalan Daerah

Menurut Koordinator Desa (Kordes), Husain Syafiq, setelah dilakukan observasi terkait sektor pertanian, peternakan, dan pemberdayaan UMKM yang ada di Desa Kebonagung ditemukan bahwasannya UMKM di desa kebonagung perlu ditingkatkan melalui digitalisasi terkait pemasaran dan penjualannya. 

BACA JUGA:Kolam Renang BKI Mangkrak, Dewan Minta DPMD Tanggung Jawab

Kebonagung sendiri, lanjut Husain Syafiq, merupakan salah satu desa kecil yang berada di Kabupaten Lumajang, dengan jumlah penduduk telah terpenuhi dalam semua aspek potensi yang dimiliki, akan tetapi terjadi suatu hambatan dalam pengembangan potensi yang dimiliki, yaitu dalam pemasaran produk UMKM yang ada di desa tersebut. Hal tersebut terjadi karena terdapat beberapa produk UMKM yang tidak bisa dikirim melalui pengiriman reguler (layanan pengiriman dengan waktu pengantaran yang diprioritaskan). 

BACA JUGA:Bawaslu Beri Apresiasi dan Catatan Khusus ke KPU Ngawi

Peningkatan mutu UMKM di desa kebonagung sendiri, kata Husain Syafiq, dilakukan oleh mahasiswa KKN 269 Unej dengan melakukan digitalisasi kepada para pelaku usaha lokal. 

BACA JUGA:2 Perampok dan Pembunuh Sopir Truk di Madiun Ditangkap, Ini Motifnya

"Seperti membuatkan akun e-commerce di beberapa platform, sehingga UMKM mampu mengembangkan usahanya, hal tersebut dilakukan dengan harapan program ini mampu berkelanjutan dan meningkatkan mutu UMKM di Kebonagung," paparnya.

Disampaikannya, dalam bidang UMKM mahasiswa KKN melakukan observasi dan survei terhadap beberapa pelaku usaha yang terdapat di Desa Kebonagung, seperti UMKM roti, UMKM kerupuk, UMKM tahu, UMKM meja lipat, dan UMKM kue kering stik keju. 

"Mahasiswa KKN Unej kelompok 269 juga membantu pembuatan logo dan branding untuk produk UMKM roti, dan stik keju, serta pembuatan akun e-commerce pada platform Tokopedia untuk UMKM meja lipat," katanya.

BACA JUGA:Gandeng Pemkab, Kantah Kabupaten Trenggalek Percepat Upaya Legalisasi Hak Atas Tanah

Menurutnya, upaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk lokal dan memperluas pasar usaha. Hal tersebut tentunya mendapatkan respons positif, baik dari perangkat desa maupun dari warga sekitar. 

BACA JUGA:Bayi Perempuan Dibuang di Teras Rumah Pasutri di Keputih, Tinggalkan Surat Wasiat

Adanya mahasiswa KKN yang memberikan sosialisasi dan pengajaran mengenai e-commerce diharapkan dapat memberikan dampak positif, dan membuat produk UMKM yang terdapat di desa kebonagung makin dikenal oleh kalangan masyarakat luas. 

Kategori :